Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III SDN Sukun 2 Malang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III SDN Sukun 2 Malang. Penelitian ini dilatar belakangi untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian dalam penelitian ini yaitu nonequivalent control group design Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 14-19 Mei 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Sukun 2 Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan soal objektif pretest dan posttest. Data
hasil penelitian disajikan menggunakan teknik analisis data statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) yaitu 64,08 dan kelas kontrol 62,86. Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 86,2 dan kelas kontrol 64,08. Selain itu uji hipotesis menggunakan uji Independent Ttest hasil yang diperoleh signifikansi yaitu thitung (4,342) > ttabel (2,03). Dan dari segi signifikansi 5% (0,05), karena nilai sig 2 tailed 0,000 < 0,05 maka dapat diambil kesimpulan H0 ditolak dan Ha diterima atau ada pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning (PBL)mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III SDN Sukun 2 Malang.
2130956/SB/2019 | KKI 372 ARY p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain