Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III SDN Sukun 2 Malang

Electronic Resource

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III SDN Sukun 2 Malang

Devi Aryanti - Nama Orang; Nyamik Rahayu S,S.Pd, M.Pd - Nama Orang; Muhammad Nur H, M.Pd. - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III SDN Sukun 2 Malang. Penelitian ini dilatar belakangi untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian dalam penelitian ini yaitu nonequivalent control group design Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 14-19 Mei 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Sukun 2 Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan soal objektif pretest dan posttest. Data
hasil penelitian disajikan menggunakan teknik analisis data statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) yaitu 64,08 dan kelas kontrol 62,86. Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 86,2 dan kelas kontrol 64,08. Selain itu uji hipotesis menggunakan uji Independent Ttest hasil yang diperoleh signifikansi yaitu thitung (4,342) > ttabel (2,03). Dan dari segi signifikansi 5% (0,05), karena nilai sig 2 tailed 0,000 < 0,05 maka dapat diambil kesimpulan H0 ditolak dan Ha diterima atau ada pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning (PBL)mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III SDN Sukun 2 Malang.


Ketersediaan
2130956/SB/2019KKI 372 ARY p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 DEV p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
v, 107hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Model Problem Based Learning (PBL)
Skripsi
Hasil Belajar Matematika
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik