Electronic Resource
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Media Lectora Inspire 17 Pada Materi Skala Kelas V SD
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan sebuah perangkat pembelajaran yang dapat digunakan pendidik untuk meningkatkan keterlibatan peserta didik. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menghasilkan suatu bahan ajar berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan bantuan media interaktif yaitu Lectora Inspire 17 yang layak, praktis, dan efektif. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan menghasilkan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Lectora Inspire.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Triagarajan. Model ini terdiri dari empat tahap, yaitu: tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate).
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media Lectora Inspire yang dihasilkan memenuhi kriteria: a) Layak, dengan rata-rata perolehan presentase oleh ahli materi, ahli media, dan ahli LKPD masing-masing 85,65%, 83,21%, dan 81,82% ; b) Praktis, dengan rata-rata presentase angket respon guru sebesar 79,99% dan angket respon siswa sebesar 76% ; c) Efektif, dengan rata-rata presentase ketuntasan hasil belajar sebesar 100%. Berdasarkan hasil tersebut, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media Lectora Inspire dapat digunakan dalam pembelajaran karena telah memenuhi kriteria layak, praktis, dan efektif. Untuk itu disarankan kepada guru hendaknya menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media Lectora Inspire dalam pembelajaran di kelas sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga pembelajaran dapat berjalan lebih efektif.
2130950/SB/2019 | KKI 372 WUL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain