Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
Image of Penerapan Model PEmbelajaran Example No Example Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII-B Di SMP Negeri 17 Malang

Electronic Resource

Penerapan Model PEmbelajaran Example No Example Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII-B Di SMP Negeri 17 Malang

Hermina Merlin - Nama Orang; Drs. Triwahyudianto, S.Pd, M.Si - Nama Orang; Dra. Siti Halimatus Sakdiyah, S. Pd, M.Pd. - Nama Orang;

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti ketika pada saat pembelajaran berlangsung di kelas VIII-B SMP Negeri 17 Malang, dari 32 siswa yang mencapai KKM hanya 9 orang siswa sedangkan yang cukup aktif 23 orang siswa masih belum mencapai KKM, yang dalam proses kegiatan pembelajarannya tidak aktif.
Permasalahan utama di kelas VIII-B yaitu kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran maka guru (peneliti) menerapkan model pembelajaran Example Non Example. Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan proses belajar siswa dikelas VIII-B SMP Negeri 17 Malang. Peneliti ini menggunakan model pembelajaran Example Non Example karena adanya model Example Non Example ini adalah salah satu model pembelajaran yang dapat mendorongkan siswa untuk belajar berfikir kritis. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model yang dikembangkan oleh kemmis dan Taggard. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 17 Malang siswa kelas VIII-B tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 32 siswa yaitu 20 laki-laki dan 12 prempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keaktifan,lembar keterlaksanaan model pembelajaran dan catatan temuan lapangan.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa, pada silkus I nilai rata-rata kektifan belajar siswa adalah 62% sedangkan pada siklus II nilai rataratanya adalah 89%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan keaktifan proses belajar siswa


Ketersediaan
2130947/SB/2019KKI 910 MER p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 910 MER p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Geografi - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
xiv, 64 hlm, 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
910
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Keaktifan belajar
Skripsi
Model Pembelajaran Example Non Example
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik