Electronic Resource
Penerapan Model PEmbelajaran Example No Example Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII-B Di SMP Negeri 17 Malang
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti ketika pada saat pembelajaran berlangsung di kelas VIII-B SMP Negeri 17 Malang, dari 32 siswa yang mencapai KKM hanya 9 orang siswa sedangkan yang cukup aktif 23 orang siswa masih belum mencapai KKM, yang dalam proses kegiatan pembelajarannya tidak aktif.
Permasalahan utama di kelas VIII-B yaitu kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran maka guru (peneliti) menerapkan model pembelajaran Example Non Example. Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan proses belajar siswa dikelas VIII-B SMP Negeri 17 Malang. Peneliti ini menggunakan model pembelajaran Example Non Example karena adanya model Example Non Example ini adalah salah satu model pembelajaran yang dapat mendorongkan siswa untuk belajar berfikir kritis. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model yang dikembangkan oleh kemmis dan Taggard. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 17 Malang siswa kelas VIII-B tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 32 siswa yaitu 20 laki-laki dan 12 prempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keaktifan,lembar keterlaksanaan model pembelajaran dan catatan temuan lapangan.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa, pada silkus I nilai rata-rata kektifan belajar siswa adalah 62% sedangkan pada siklus II nilai rataratanya adalah 89%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan keaktifan proses belajar siswa
2130947/SB/2019 | KKI 910 MER p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain