Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar PErubahan Wujud Benda Siswa Kelas III Di SD Negeri 3 Rembun Kabupaten Malang
Pembelajaran yang monoton dan bersifat satu arah akan menimbulkan kebosanan pada peserta didik yang berdampak pada menurunnya hasil belajar. Guru hendaknya memilih model dan media pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Make a Match terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 3 Rembun Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control grup design. Jumlah populasi sebanyak 54 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar yang diuji dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji-t. Hasil penelitian melalui uji hipotesis yang menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5%, menunjukkan bahwa signifikan sig. (0,043 < 0,05), maka Ho ditolak Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran Make a Match pada pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu, sangat diharapkan bagi pendidik agar lebih mendetail dalam pemilihan model dan pembelajaran tematik sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa secara optimal.
2130945/SB/2019 | KKI 372 PUT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain