Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran IPA Menggunakan Model Talking Stick Di SDN 2 Widoro Trenggalek

Electronic Resource

Analisis Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran IPA Menggunakan Model Talking Stick Di SDN 2 Widoro Trenggalek

Nur Aziza Ratna Yunita - Nama Orang; Tri Candra Wulandari,M.Pd - Nama Orang; Dr. H . Supriyanto M.Pd - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendekatan Model Talking Stick dalam pembelajaran KTSP di kelas III Sekolah Dasar Negeri 2 Widoro Trenggalek, Kecamatan Gandusari Tambakboyo, Kabupaten Trenggalek. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek yang diambil adalah guru kelas 3, serta siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model Milles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1 ). Pelaksanaan pendekatan Model Talking Stick bahwa dari hasil penelitian guru mampu menguasai kelas sehingga suasana kelas menjadi kondusif. Saat menerangkan pembelajaran guru mampu menarik perhatian dan antusiasisme siswa dengan baik. Pembelajaran menjadi lebih efektif, temuan penelitian di kelas 3 tersebut terlihat guru mempersiapkan materi dengan matang mulai dari RPP dan media pembelajaran yang sudah dipersiapkan sebelumnya. 2) Kendala yang dialami oleh guru dalam menggunakan pendekatan Model Talking Stick ini adalah masih ada siswa yang rame dan bermain sendiri karena kelas III masih termasuk siswa kelas rendah yang perlu diberi pengawasan. Selain itu ada beberapa langkah-langkah pendekatan Model Talking Stick yang belum terlaksana dengan baik yaitu pada saat guru memberikan tongkat kepada salah satu siswa namun ada beberapa siswa yang tidak berani mengemukakan pendapatnya, dan siswa yang lain masih belum berani melakukan pendapatnya karena tidak percaya diri dan malu. Upaya untuk mengatasi kendala tersebut guru berusaha menguasai kelas sebaik mungkin agar pembelajaran lebih kondusif, serta guru mengawasi dan mengarahkan siswa yang terbiasa malas di kelas agar tetap mengikuti pelajaran dengan baik. Prosentase keaktifan siswa sudah sangat baik yaitu 89% sehingga itu bisa dikatakan model talking stick berhasil untuk membangun keaktifan siswa dalam pembelajaran.


Ketersediaan
2130935/SB/2019KKI 372 YUN a/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 NUR a/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
vi,110 hlm, 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Model talking stick
Skripsi
Keaktifan siswa
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik