Electronic Resource
Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pendapatan Dan Jenis Pekerjaan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar IPS Geografi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Wagir Kabupaten Malang
Penelitian ini difokuskan pada pembahasan tingkat pendidikan, pendapatan dan jenis pekerjaan orang tua dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa kelas VIIA–E SMP Negeri 2 Wagir. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan rancangan penelitian hubungan variabel X1, X2 X3 yang dapart mempengaruhi variabel Y.
Tingkat pendidikan, pendapatan dan jenis pekerjaan orang tua sangat mempengaruhi pretasi belajar siswa. Alasan yang paling mendasar yaitu pada tingkat pengetahuan dan pendapatan orang tua yang dapat menunjang kebutuhan akademik siswa baik dalam kelengkapan buku dan sarana akademik pada lingkungan sekolah maupun lingkungan keluarga. Prestasi belajar siswa tidak akan meningkat apabila kurangnya tanggungjawab orang tua dalam mewadahi baik biaya maupun pengetahuan orang tua.
Berdasarkan hasil penelitian presentase tingkat pendidikan orang tua dikategorikan tinggi dengan pendidikan SD 19 orang (42,22%), SMP 16 orang (35,55%), 9 orang (20%), dan Perguruan Tinggi 1 (2,22%). Presentase tingkat pendapatan orang tua dikategorikan taraf cukup tinggi dengan tingat pendapatan orang tua tinggi ada 3 orang (6,66%), kategori tinggi ada 12 orang (22,66%), kategori cukup ada 14 orang (31,11%), dan kategori rendah ada 16 orang (35,55%). Jenis pekerjaan orang tua heterogen dengan PNS ada 1 orang (2,22%), pegawai swasta ada 14 (31,1%), pedagang ada 15 orang (33,1%), dan petani ada 15 orang (33,33%).
2130933/SB/2019 | KKI 910 LOB p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain