Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII C Pada Mata Pelajaran IPS Geografi Di SMPN 1 Pakisaji Kabupaten Malang

Electronic Resource

Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII C Pada Mata Pelajaran IPS Geografi Di SMPN 1 Pakisaji Kabupaten Malang

Selviana Sila - Nama Orang; Dra. Siti Halimatus Sakdiyah., S.Pd, M.Pd. - Nama Orang; Rofi’ul Huda, M.Pd. - Nama Orang;

Berdasarkan hasil observasi awal di kelas VII-C SMPN 1 Pakisaji menunjukan bahwa hasil belajar siswa tergolong rendah. Masalah tersebut disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya siswa kelas VII-C kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran IPS Geografi, siswa kurang aktif mengajukan pertanyaan, siswa kurang memperhatikan penjelasan guru dan siswa kurang mampu memecahkan permasalahan yang diberikan guru.
Penelitian ini bertujuan “Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) siswa kelas VII-C SMPN 1 Pakisaji Kabupaten Malang”. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan subsub tema Potensis Sumber Daya Alam di Indonesia. Subjek penelitian ini adalah kelas VII-C SMPN 1 Pakisaji Kabupaten Malang yang berjumlah 25 siswa.
Hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan yaitu 65,68 pada siklus I 77,36 dan pada siklus II mencapai 83,92 Sedangkan nilai ketuntasan minimal sebelum tindakan sebesar 40 %, siklus I sebesar 64% dan siklus II sebesar 80%.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-C SMPN 1 Pakisaji Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2018/2019.


Ketersediaan
2130930/SB/2019KKI 372 SIL p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI910 SIL p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Geografi - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
xiv, 123 hlm, 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
910
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Hasil Belajar Siswa
Model Problem Based Learnig
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik