Electronic Resource
Analisis Kinerja Pada Rumah Sakit Pendekatan Balance Score Card ( Studi Kasus Pada RS. Baptis Batu)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja rumah sakit apabila menggunakan Balanced Scorecard. Dengan menggunakan Balanced Scorecard diharapkan rumah sakit dapat mengembangkan aspek keuangan dan non keuangan dalam melakukan penilaian kinerja, sehingga nantinya diharapkan bahwa rumah sakit mampu memberikan pelayanan yang maksimal kepada konsumen, Penelitian mengambil data selama 3 tahun, tahun 2016-2018, menggunakan analisis evaluasi kinerja rumah sakit antar periode waktu tertentu kemudian membandingkan dengan target yang sebelumnya telah ditetapkan dan kemudian diberi skor sesuai dengan teori dan peraturan yang relevan. Data diperoleh melalui studi pustaka, data sekunder Rumah Sakit Baptis Batu. Pengukuran kinerja keuangan dilihat dari pencapaian pendapatan dan perubahan biaya, perspektif pelanggan dilihat dari akuisisi pelanggan, retensi pelanggan, kepuasan pelanggan, perspektif proses Bisnis Internal menggunakan jumlah penanganan keluhan, peningkatan pendapatan, Respons Times. Sedangkan untuk perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dilihat dari data karyawan dan pelatihan karyawan.Hasil penelitian menggunakan konsep Balanced Scorecard untuk menjabarkan kesimpulan yang didalamnya ada berapa macam jenis perbedaan pencapaian hasil. Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran masih dianggap kurang , sedangkan untuk 3 perspektif lainnya dianggap sudah cukup baik. Maka, Balanced Scorecard cocok untuk direkomendasikan pada Rumah Sakit Baptis Batu yang dapat memberikan gambaran lebih terstruktur dan menyeluruh dibandingkan dengan sistem evaluasi anggaran yang digunakan sampai saat ini.
2130929/SB/2019 | KKI 657 FER a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain