Electronic Resource
Pengembangan Media Pembelajaran Roda Budaya Indonesia Pada Tema 3 Untuk Siswa Kelas V SDN 1 Sidorejo Malang
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya inovasi media yang menarik menunjang proses pembelajaran. Realitanya masih banyak guru belum menggunakan media saat proses pembelajaran berlangsung. Hal tersebut mengakibatkan siswa kurang antusias untuk belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengembangkan media Roda Budaya Indonesia, 2) mendeskripsikan kelayakan dari media Roda Budaya Indonesia, 3) mendeskripsikan kepraktisan media Roda Budaya Indonesia.
Metode penelitian yang diginakan penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model ADDIE dengan 5 tahapan yakni: Analisis, desain, pengembangan, implementasi dan Evaluasi (Formatif). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Sidorejo Malang. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, dan dokumentasi. Media pembelajaran melalui tahap validasi dahulu ke ahli media, ahli materi, dan calon pengguna (guru) kemudian diujicobakan kepada siswa kelas V SDN 1 Sidorejo sebanyak 21 siswa. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan data kuantitatif.
Hasil penelitian ini adalah media Roda Budaya Indonesia materi kelas V semester 1 tentang keanekaragaman budaya. Hasil penelitian ini sesuai model ADDIE yang dibagi menjadi 3 aspek yaitu pengembangan media Roda Budaya Indonesia, kelayakan dari media, dan kepraktisan dari media.Tahap pengembangan mencakup dua tahapan yaitu analisis dan mendesain produk. Tahap kelayakan produk dilihat dari tahapan pengembangan, dengan melakukan penilaian kepada ahli media dan materi. Kepraktisan media dilakukan pada tahapan evaluasi (formatif), penilaian diperoleh dari calon pengguna dan siswa. Penilaian oleh ahli media 95%. Penilaian oleh ahli materi 90%. Penilaian oleh calon pengguna 83%. Penilaian hasil respon siswa pada ujicoba lapangan terbatas 94,7%. Berdasarkan paparan hasil penilaian di atas, media interaktif dikategorikan Sangat Layak atau Sangat Baik untuk digunakan di lapangan. Media Roda Budaya Indonesia ini dapat digunakan guru sebagai media pembelajaran, membantu siswa untuk belajar mandiri, dan memberikan referensi bagi peneliti lain dalam mengembangkan media pembelajaran yang berinovasi.
2130909/SB/2019 | KKI 372 ISV p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain