Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Talking Fruit TErhadap Motivasi Belajar Siswa Pada pembelajaran Tematik Kelas 3 Di SDN Bakalan 2 Kota Malang
Penelitian ini dilakukan atas kurangnya antusias siswa dalam mengikuti dan memahami pembelajaran. Motivasi belajar yang kurang dalam penerimaan bahan ajar dan penerapan model konvensional menjadi sebuah faktor utama dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pembelajaran tematik dengan model pembelajaran Talking Fruit yakni model pembelajaran yang menerapkan media fruit (buah-buahan) yang murni berorientasi pada aktivitas individu siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Talking Fruit Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 3 Di SDN Bakalan Krajan 2 Kota Malang; Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimental dengan pendekata kuantitatif rancangan non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3 SDN Bakalan Krajan 2 Kota Malang yang terdiri kelas 3A (33 siswa) dan 3B (33 siswa) tahun pelajaran 2018-2019. Penentuan sampel menggunakan sampling jenuh, yaitu diperoleh kelas 3A sebagai kelas eksperimen dan kelas 3B sebagai kelas kontrol.
Hasil Motivasi Belajar pada siswa kelas 3 SDN Bakalan Krajan 2 Kota Malang di dapat dari pemberian Pretes-Posttes berbentuk kuisioner. Data yang diperoleh dari kuisioner motivasi belajar dianalisis dengan uji Independent Sample t test dengan bantuan program SPSS 24 for windows pada taraf signifikansi 5%.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil sebagai berikut. Terdapat perbedaan ratarata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dan hasil nilai signifikansi P (sig (2- tailed)) 0.019 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran talking fruit terhadap motivasi belajar.
2130904/SB/2019 | KKI 372 MUS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain