Electronic Resource
Pengembangan Bahan Ajar Ensiklopedia Berkarakter Nasionalisme Pada Materi Tokoh - Tokoh Proklamasi
Kondisi di lapangan proses pembelajaran masih menggunakan bahan ajar yang seadanya tanpa adanya pengembangan, hal tersebut mengakibatkan siswa kurang antusias untuk belajar, maka dibutuhkan bahan ajar yang menarik dan inovatif untuk meningkatkan mutu pendidikan. Berdasarkan hasil wawancara terhadap guru kelas V, materi IPS khususnya tokoh-tokoh proklamasi cukup sulit untuk siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) proses pengembangan bahan ajar ensiklopedia berkarakter nasionalisme (2) kelayakan bahan ajar ensiklopedia berkarakter nasionalisme 3) kepraktisan bahan ajar ensiklopedia berkarakter nasionalisme 4) keefektifan bahan aja ensiklopedia berkarakter nasionalisme. Metode penelitian yang digunakan peneliti merupakan penelitian pengembangan dan menggunakan model 4D dengan empat tahapan yang yakni:tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Development), tahap penyebaran (Disseminate). Namun, peneliti akan menggunakan model 4D sampai dengan tahapan pengembangan. Subjek uji coba adalah 19 siswa kelas V SDN Sengguruh. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Angket terdiri dari angket ahli materi, ahli bahasa, ahli media, praktisi (guru) dan angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah bahan ajar ensiklopedia berkarakter nasionalisme menggunakan model 4D dan menyatakan bahwa bahan ajar ensiklopedia berkarakter nasionalisme memperoleh skor ahli media sebesar skor 80% dengan kategori cukup layak, ahli bahasa memperoleh skor 80% dengan kategori cukup layak, ahli materi memperoleh skor 77,2% dengan kategori cukup layak, oleh praktisi (guru kelas V) dan memperoleh skor 95,4% dengan kategori sangat layak, serta memperoleh kepraktisan sebesar 92% dengan kategori sangat baik, dan keefektifan 78,5 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan paparan hasil penilaian diatas bahan ajar ensiklopedia berkarakter nasionalisme dikategorikan “Sangat Layak” dan “Sangat Baik” digunakan di lapangan. Hasil pengembangan bahan ajar ensiklopedia berkarakter nasionalisme dapat dijadikan referensi guru sebagai bahan ajar pendamping saat proses pembelajaran.
2130891/SB/2019 | KKI 372 WAH p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain