Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
Image of Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas IX A SMA Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas IX A SMA Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang

Ardianus Oskario Palaming - Nama Orang; Nelya Eka Susanti,S.Pd.,M.Pd - Nama Orang; Dra.Siti Halimatus Sakdiyah,S.Pd.,M.Pd. - Nama Orang;

Berdasarkan hasil observasi terhadap proses pembelajaran mata pelajaran Geografi Kelas XI-A SMA Negeri 1 Singosari, terdapat masalah-masalah dalam pembelajaran yaitu hasil belajar siswa masih rendah dalam proses pembelajaran rendahnya hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan memilih model dan media pembelajaran. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa terhadsp mata pelajaran Geografi maka usaha yang dapat dilakukan yaitu dengan penerpan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Geografi menggunakan media dan diskusi di Kelas XI-A SMA Negeri 1 Singosari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI-A SMA Negeri 1 Singosari yang berjumlah 32 siswa. Presentase hasil belajar siswa siklus 1 adalah 60% yang tuntas (kategori baik), sedangkan presentase hasil belajar siklus II adalah 84,37% yang tuntas (kategori sangat baik).
Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa dengan menerapkan model Student Teams Achievement Divisions dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas XI-A SMA Negeri 1 Singosari. Saran dari penelitian ini, hendaknya peneliti selanjutnya dalam melaksanakan penelitian menggunkan model Student Teams Achievement Division perlu persiapan serta menguasai kondisi yang ada di kelas saat pembelajaran sedang
berlaangsung


Ketersediaan
2130877/SB/2019KKI 910 PAL p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 910 PAL p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Geografi - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
vi, 225hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Skripsi
Student Teams Achievement Divisions
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik