Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas IX A SMA Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang
Berdasarkan hasil observasi terhadap proses pembelajaran mata pelajaran Geografi Kelas XI-A SMA Negeri 1 Singosari, terdapat masalah-masalah dalam pembelajaran yaitu hasil belajar siswa masih rendah dalam proses pembelajaran rendahnya hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan memilih model dan media pembelajaran. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa terhadsp mata pelajaran Geografi maka usaha yang dapat dilakukan yaitu dengan penerpan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Geografi menggunakan media dan diskusi di Kelas XI-A SMA Negeri 1 Singosari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI-A SMA Negeri 1 Singosari yang berjumlah 32 siswa. Presentase hasil belajar siswa siklus 1 adalah 60% yang tuntas (kategori baik), sedangkan presentase hasil belajar siklus II adalah 84,37% yang tuntas (kategori sangat baik).
Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa dengan menerapkan model Student Teams Achievement Divisions dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas XI-A SMA Negeri 1 Singosari. Saran dari penelitian ini, hendaknya peneliti selanjutnya dalam melaksanakan penelitian menggunkan model Student Teams Achievement Division perlu persiapan serta menguasai kondisi yang ada di kelas saat pembelajaran sedang
berlaangsung
2130877/SB/2019 | KKI 910 PAL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain