Electronic Resource
Pengruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMP Nasional Malang Tahun Ajaran 2017/2018
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penguasaan konsep siswa antara model pembelajaran terhadap penguasaan konsep siswa yang diajarkan dengan model inkuiri terbimbing. Rancangan penelitian yang digunakan adalah posttest only group design. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa pada kelas VIIC sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas VIIE sebagai kelas kontrol di SMP Nasional Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes uraian penguasaan konsep dan dianalisis menggunakan uji analisis varian (ANOVA).
Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Ada perbedaan penguasaan konsep fisika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajarn konvensional dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. (2) Ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan model pembelajaran konvensional terhadap penguasaan konsep, diperoleh taraf signifikan 0,000 > 0,05. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah pembelajaran fisika dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berpengaruh terhadap penguasaan konsep.
2130860/SB/2019 | KKI 530 FAW p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain