Electronic Resource
Upaya Guru PKN Dalam Meningkatkan Moral Siswa Kelas VII SMP Negeri 17 Malang
Sekolah meruapakan salah satu tempat dimana peserta didik mendapatkan pendidikan secara formal bukan hanya tempat untuk kegiatan belajar mengajar berlangsung dan mencari ilmu tetapi juga tempat berkumpul, bernmain serta berbagai keceriaan antara siswa yang satu dengan yang lain. Peran guru sangat berpengaruh cukup besar untuk membentu karakter siswa yang bermoral bukan hanya untuk menjadikan siswanya menjadi pintar dan cerdas. Salah satu tujuan dai penyelenggaraan pendidikan adalah membentuk sikap moral serta watak sisiwa yang berbudi luhur. Oleh karena itu diperlukan pendekatan pendidikan dan mata pelajaran yang membantu membentuk kepribadian peserta didik menjadi pribadi yag lebh baik dan bermoral.
Tujuan dari penelitian ini yaitu; (1) untuk mendeskripsikan upaya guru PKn dalam meningkatkan moral sisiwa kelas VII SMP Negeri 17 Malang, (2) untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya guru PKn dalam meningkatkan moral sisiwa kelas VII SMP Negeri 17 Malang. Penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan lebih menekankan pada kekuatan analisis data pada sumebr-sumber data yang ada.
Hasil dari penelitian ini: (1) uapaya guru PKn dalam mmeningkatkan moral siswa dapat membentuk dan membangun sikap siswa kearah yang lebih baik dengan memberikan nasehat, penilaian spritual dan sosial dalam setiap proses pembelajaran, serta memberikan pembiasaan teladan yang baik, dan (2) faktor pendukung dana penghambat bagi upaya guru guru PKn dalam meningkatkan moral siswa adalah faktor pendukung meliputi membiasakan adanya kesadarn dalam diri siswa, tanggung jawab siswa, kerjasama guru dan orang tua, sedangkan faktor penghambatnya adalah faktor diri pribadi siswa, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan ligkungan masyarakat serta faktor teknologi yang menjerumuskan siswa ke hal yang negative.
2130859/SB/2019 | KKI 371.114 NAB u/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain