Electronic Resource
Pengembangan Media Buku Cerita Fabel Berkarakter Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar
Penelitian ini dilatar belakangi dengan melihat tujuan pembelajaran IPS yaitu menanamkan kesadaran serta membentuk kemampuan siswa dalam memahami kondisi lingkungannya. Buku cerita fabel adalah salah satu media yang dapat digunakan untuk membantu siswa dalam menanamkan kesadaran akan lingkungan karena pesan moral yang disampaikan melalui cerita fabel tersebut.Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) mengembangkan media buku cerita fabel berkarakter, 2) mendeskripsikan kelayakan dari media buku cerita fabel berkarakter, 3) mendeskripsikan kepraktisan dari media buku cerita fabel berkarakter. Metode penelitian yang digunakan peneliti termasuk pada penelitian pengembangan R&D (Reseach and Development),model Borg & Gall dengan lima tahapan yaitu: pra-pengembangan, pengembangan, validasi, revisi produk, dan implementasi. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas IV SDN Dikir Kabupaten Tuban. Instrumen pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket, wawancara, dan dokumentasi. Buku fabel ini melalui tahap validasi dahulu kepada ahli materi, ahli bahasa, ahli media, dan praktisi pembelajaran (guru) kemudian diuji coba secara terbatas dan luas di SDN Dikir Kabupaten Tuban.Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menyatakan fabel berkarakter memenuhi kriteria dengan hasil penilaian memperoleh presentase 71% oleh ahli materi dengan kategori “Cukup Layak” karena materi yang cukup lengkap memperoleh presentase 97% oleh ahli bahasa dengan kategori “Layak” karena bahasa yang komunikatif, memperoleh presentase 89% oleh ahli media/desain dengan kategori “Layak” karena desain buku yang menarik dan berwarna, memperoleh presentase 82% oleh praktisi pembelajaran (guru) dengan kategori “Layak” sesuai dengan karakter kelas IV, serta memenuhi kriteria kepraktisan dengan hasil memperoleh presentase 99% dari respon penilaian siswa uji coba terbatas dengan kategori “Sangat Baik”, memperoleh presentase 97% dari respon penilaian siswa uji coba luas dengan kategori “Sangat Baik” karena siswa tertarik dengan pembelajaran yang disajikan dalam bentuk cerita. Berdasarkan paparan hasil penilaian di atas, fabel berkarakter dikategorikan “Layak” atau “Sangat Baik” untuk digunakan di lapangan sebagai penunjang dalam pembelajaran serta menanamkan kesadaran akan lingkungan hidup. Buku ini dapat digunakan guru sebagai penunjang pembelajaran serta memberikan referensi kepada peneliti lain dalam mengembangkan sumber belajar IPS pada kurikulum 2013.
2130849/SB/2019 | KKI 370 MUK p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain