Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbasis Demonstrasi Terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Tahun Pelajaran 2018/2019

Electronic Resource

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbasis Demonstrasi Terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Tahun Pelajaran 2018/2019

Ansilina Delima - Nama Orang; Dr. H. Sudi Dul Aji, M.Si - Nama Orang; Hestiningtyas Yuli Pratiwi, S.Pd., M.Pd. - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan motivasi siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis Demonstrasi dengan model pembelajaran konvesional; (2) mengetahui perbedaan pemahaman konsep fisika siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis Demonstrasi dengan model pembelajaran konvesional; (3) mengetahui interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis demonstrasi dengan motivasi terhadap Pemahaman Konsep Fisika siswa yang dilakukan di SMP Negeri 12 Malang pada tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan posttest only control design group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dan sampel penelitian terdiri dari 31 siswa kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan 31 siswa kelas VIII G sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengambilan data menggunakan Angket dan tes pemahaman konsep siswa kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) adanya perbedaan motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis Demonstrasi dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan nilai nilai sig 0.002 < 0.05 ; (2) adanya perbedaan Pemahaman Konsep Fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD berbasis Demonstrasi dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan nilai Sig 0,006 < 0,05; (3) adanya interaksi antara model pembelajaran Kooperatiif tipe STAD Berbasis Demonstrasi dan motivasi terhadap Pemahaman konsep Fisika siswa dengan nilai Fhitung > Ftabel {3.321 > 3.15}. Berdasarkan hasil analisis data diatas, kesimpulan yang dapat diambil adalah (1) ada perbedaan motivasi belajar antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Demonstrasi dengan siswa yang diajar menggunakan model konvensional; (2) ada perbedaan pemahaman konsep fisika antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Demonstrasi dengan siswa yang diajar menggunakan model konvensional; (3) ada interaksi antara model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Demonstrasi dengan motivasi belajar siswa terhadap pemahaman konsep fisika siswa.


Ketersediaan
2130841/SB/2019KKI 530 DEL p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 DEL p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
xvi, 231 hlm 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Motivasi Belajar
Pemahaman Konsep Fisika
Skripsi
Demonstrasi
Kooperatif Tipe STAD
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik