Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbasis Demonstrasi Terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Tahun Pelajaran 2018/2019
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan motivasi siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis Demonstrasi dengan model pembelajaran konvesional; (2) mengetahui perbedaan pemahaman konsep fisika siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis Demonstrasi dengan model pembelajaran konvesional; (3) mengetahui interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis demonstrasi dengan motivasi terhadap Pemahaman Konsep Fisika siswa yang dilakukan di SMP Negeri 12 Malang pada tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan posttest only control design group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dan sampel penelitian terdiri dari 31 siswa kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan 31 siswa kelas VIII G sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengambilan data menggunakan Angket dan tes pemahaman konsep siswa kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) adanya perbedaan motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis Demonstrasi dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan nilai nilai sig 0.002 < 0.05 ; (2) adanya perbedaan Pemahaman Konsep Fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD berbasis Demonstrasi dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan nilai Sig 0,006 < 0,05; (3) adanya interaksi antara model pembelajaran Kooperatiif tipe STAD Berbasis Demonstrasi dan motivasi terhadap Pemahaman konsep Fisika siswa dengan nilai Fhitung > Ftabel {3.321 > 3.15}. Berdasarkan hasil analisis data diatas, kesimpulan yang dapat diambil adalah (1) ada perbedaan motivasi belajar antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Demonstrasi dengan siswa yang diajar menggunakan model konvensional; (2) ada perbedaan pemahaman konsep fisika antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Demonstrasi dengan siswa yang diajar menggunakan model konvensional; (3) ada interaksi antara model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Demonstrasi dengan motivasi belajar siswa terhadap pemahaman konsep fisika siswa.
2130841/SB/2019 | KKI 530 DEL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain