Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Peer Instruction Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VII SMPN 1 Kepanjen
Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan keterampilan proses sains dan prestasi belajar antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran
inkuiri terbimbing terintegrasi peer instruction dengan pembelajaran konvensional di kelas VII SMPN I Kepanjen. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif rancangan eksperimen semu dengan menggunakan The Only-Posttest Control Group Design. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi untuk keterampilan proses sains dan tes berupa pilihan ganda untuk prestasi belajar. Hasil analisis data diperoleh rata-rata keterampilan proses sains kelas eksperimen sebesar 81 dan kelas kontrol sebesar 58 dan prestasi belajar rata-rata kelas eksperimen sebesar 77, 8 dan kelas kontrol sebesar 71, 3. Uji hipotesis menggunakan uji-T dengan melihat nilai T tabel pada taraf 0,05 untuk keterampilan proses sains diperoleh Thitung> dari Ttabel (18,846>1,6698) dan prestasi belajar diperoleh Thitung > dari Ttabel (8,465>1,6698)
2130839/SB/2019 | KKI 530 ASR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain