Electronic Resource
Analisis Kesalahan Peserta Dididk Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Berdasarkan Taksonomi Solo
Penelitian ini fokus membahas tentang analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal aljabar berdasarkan kelima tingkatan taksonomi SOLO. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP NU Bululawang yang berjumlah 20 peserta didik yang akan diambil 5 subjek dengan kategori berbeda berdasarkan tingkatan taksonomi SOLO. Data yang dianalisis adalah hasil tes tertulis dan hasil wawancara dari peserta didik yang telah dikelompokkan kedalam lima tahapan taksonomi SOLO. Peneliti menggunakan triangulasi teknik sebagai pengecekan keabsahan data. Didapatkan kesimpulan bahwa kebanyakan peserta didik melakukan kesalahan dan berada pada tingkat prastruktural, relasional, dan extended abstract. Dimana peserta didik berada pada tingkat prastruktural karena tidak memahami soal dengan baik sehingga cenderung tidak menjawab. Adapun peserta didik berada pada tingkat relasional karena tidak terbiasa menuliskan jawaban secara sistematis/lengkap atau dapat menyelesaikan dengan benar namun melakukan kesalahan dan kurang teliti dalam penulisan satuan maupun simbol.
2130824/SB/2019 | KKI 510 RAN a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain