Electronic Resource
Analisis Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah Di SDN Sukoraharjo 3 Kepanjen
Penelitian ini membahas hasil penelitian Analisis Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah (Studi pada siswa kelas IV dan V) di SDN Sukoraharjo 3 Kepanjen. Penelitian ini bertujuan : (1) mendekripsikan perencanaan kebijakan GLS, (2) mendeskripsikan pelaksanaan kebijakan GLS, (3) mengetahui pengaruh GLS terhadap kemampuan berbicara siswa SDN Suukoraharjo 3 Kepanjen.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif studi kasus. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru, tenaga pendidik dan siswa kelas IV
dan V SDN Sukoraharjo 3 Kepanjen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, catatan lapangan. Teknik analisis
data yang dilakukan yaitu analisis data kualitatif Hasil penelitian ini bahwa perencanaan kebijakan GLS cukup baik dan pelaksanaan kebijakan GLS 65% cukup baik karena sudah sesuai dengan tahapan penduan GLS dari Kementrian Pendidikan. Pengaruh GLS terhadap kemampuan berbicara sangat berpengaruh dalam bentuk karakter building. Pelaksanaan kebijakan ini mengalami kendala yang sangat berpengaruh diantaranya tidak ada anggaran dana, belum ada dukungan dari pihak luar, dan SDM belum sepenuhnya memenuhi dalam kebijakan GLS.
Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah kebijakan GLS di SDN Sukoraharjo 3 Kepanjen sudah cukup memenuhi, tetapi belum bisa melaksanakan dengan baik dan sesuai panduan. Kemampuan berbicara siswa meningkat sejak diberlakukan kebijakan GLS di SDN Sukoraharjo 3 Kepanjen dari segi berpendapat dan berbahasa.
2130823/SB/2019 | KKI 372 ANG a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain