Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII-H SMP Negeri 2 Bululawang Kabupaten Malang
Model pembelajaran Make A Match (mencari pasangan), merupakan bentuk model pembelajaran dengan melalui permainan yang sesuai dengan tahap permainan dengan formalisasi (formalization) dimana siswa diberi kartu yang berisi pertanyaan dan jawaban setelah itu siswa akan mencari sendiri jawaban dari pertanyaan itu sendiri begitupun sebaliknya. Model pembelajaran Make A Match dapat memupuk kerjasama siswa dalam menjawab pertanyaan dengan mencocokan kartu yang ada di tangan mereka, pembelajaran lebih menarik dan nampak sebagian besar siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran terlihat sekali pada saat siswa mencari pasangan kartunya masing-masing, menjamin keterlibatan total semua siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Make A Match pada mata pelajaran IPS tentang materi faktor-faktor pendorong dan penghambat mobilitas sosial serta saluran-saluran mobilitas sosial. Upaya untuk mencapai tujuan tersebut, maka penelitian ini dirancang dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada bulan Oktober 2018. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-H SMP Negeri 2 Bululawang yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Instrumen Penelitian berupa perangkat pembelajaran, tes, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan untuk dapat mengetahui hasil belajar IPS yang dicapai menggunakan kriteria ketuntasan belajar maksimum yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah dengan menggunakan metode analisis deskriptif dalam bentuk presentase.
Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa terus mengalami peningkatan mulai dari pra tindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra tindakan sebesar 43,75 %, pada siklus I meningkat menjadi 68,75 %, dan pada siklus II meningkat menjadi 87,50 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tentang materi faktor-faktor pendorong dan penghambat mobilitas sosial serta saluran-saluran mobilitas sosial pada siswa kelas VIII-H SMP Negeri 2 Bululawang.
2130812/SB/2019 | KKI 910 GAT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain