Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPS DI SMP Budi Mulia Pakisaji Kabupaten Malang Tahun Pembelajaran 2018/2019

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPS DI SMP Budi Mulia Pakisaji Kabupaten Malang Tahun Pembelajaran 2018/2019

Siti Maisara - Nama Orang; Yuli Ifana Sari, M.Pd - Nama Orang; Ulfi Andrian Sari, M.Pd. - Nama Orang;

Masalah yang sering muncul sebagai salah satu penyebab rendahnya kualitas pembelajaran adalah penerapan model pembelajaran yang belum mampu menciptakan suasana pembelajaran yang bermakna. Prosentase nilai hasil belajar siswa pada observasi awal sebesar 29,41%, sehingga diperlukan perubahan model pembelajaran agar meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang juga akan meningktkan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT).
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IX B SMP Budi Mulia Pakisaji Kabupaten Malang setelah menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Rancangan penelitian ini menggugunakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Budi Mulia Pakisaji siswa kelas IX B tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri 34 siswa yaitu 14 laki-laki dan 20 perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keaktifan, keterlaksaan model pembelajaran, Tes, dan catatan temuan lapangan.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Pada Siklus I keaktifan dan hasil belajar siswa sebesar 72% dan mengalami peningkatan menjadi 76,64% pada Siklus II. Penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) tidak hanya meningkatkan keaktifan siswa, tetapi juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada Siklus II nilai hasil belajar siswa observasi awal sebesar 85%. setelah dilakukan tindakan pada Siklus I nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 86% dan pada Siklus II Mengalami peningkatan menjadi 87,5%.
Penerapan model pembelajaran (NHT) terbukti dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Guru IPS SMP Budi Mulia Pakisaji Kabupaten Malang disarankan untuk menerapkan model pembelajaran (NHT) karena terbukti dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Sedangkan penelitian lain yang ingin mengadakan peneliti yang sama dengan kondisi dan sekolah yang sama, disarankan untuk melaksanakan penelitian dengan waktu yang agak lama agar siswa benar-benar mengerti dan memahami model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT)


Ketersediaan
2130800/SB/2019KKI 910 MAI p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 910 MAI p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Geografi - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
viii, 78 hlm, 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
910
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Model Pembelajaran Numbered Heads Together (Nht)
Keaktifan
Skripsi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik