Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPS DI SMP Budi Mulia Pakisaji Kabupaten Malang Tahun Pembelajaran 2018/2019
Masalah yang sering muncul sebagai salah satu penyebab rendahnya kualitas pembelajaran adalah penerapan model pembelajaran yang belum mampu menciptakan suasana pembelajaran yang bermakna. Prosentase nilai hasil belajar siswa pada observasi awal sebesar 29,41%, sehingga diperlukan perubahan model pembelajaran agar meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang juga akan meningktkan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT).
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IX B SMP Budi Mulia Pakisaji Kabupaten Malang setelah menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Rancangan penelitian ini menggugunakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Budi Mulia Pakisaji siswa kelas IX B tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri 34 siswa yaitu 14 laki-laki dan 20 perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keaktifan, keterlaksaan model pembelajaran, Tes, dan catatan temuan lapangan.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Pada Siklus I keaktifan dan hasil belajar siswa sebesar 72% dan mengalami peningkatan menjadi 76,64% pada Siklus II. Penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) tidak hanya meningkatkan keaktifan siswa, tetapi juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada Siklus II nilai hasil belajar siswa observasi awal sebesar 85%. setelah dilakukan tindakan pada Siklus I nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 86% dan pada Siklus II Mengalami peningkatan menjadi 87,5%.
Penerapan model pembelajaran (NHT) terbukti dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Guru IPS SMP Budi Mulia Pakisaji Kabupaten Malang disarankan untuk menerapkan model pembelajaran (NHT) karena terbukti dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Sedangkan penelitian lain yang ingin mengadakan peneliti yang sama dengan kondisi dan sekolah yang sama, disarankan untuk melaksanakan penelitian dengan waktu yang agak lama agar siswa benar-benar mengerti dan memahami model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT)
2130800/SB/2019 | KKI 910 MAI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain