Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Singosari

Electronic Resource

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Singosari

Filomena Sinar Siman - Nama Orang; Yuli Ifana Sari, M.Pd - Nama Orang; Nelya Eka Susanti, M.Pd - Nama Orang;

Pendidikan merupakan hal penting untuk membekali siswa menghadapi masa depan, seperti yang kita ketahui sampai saat ini bahwa mata pelajaran geografi merupakan salah satu mata pelajaran yang dirasa sulit oleh sebagian besar siswa, sehingga minat untuk mempelajarinya semakin rendah. Agar kemampuan siswa untuk mencapai hasil belajar yang maksimal diperlukan jalan keluar, yaitu menggunakan salah satu model pembelajaran. Sesuai dengan materi yang akan diteliti, salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran Problem Posing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Singosari, dengan sub materi potensi dan persebaran sumber daya untuk penyediaan bahan industri.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eskperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS, dengan sampel penelitian kelas XI IPS A/17 sebagai kelas eksperimen yaitu pembelajaran dengan menggunakan model problem posing dan kelas XI IPS C/17 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional yang masing-masing kelas berjumlah 32 siswa. Data hasil belajar siswa didapatkan dari nilai pre-test dan post-test dengan menggunakan soal uraian yang berjumlah 5 nomor. Pre-test digunakan untuk mengetahui nilai awal siswa sebelum diberikan perlakuan, sedangkan post-test digunakan untuk mengetahui nilai akhir siswa setelah mendapatkan perlakuan pada kelas eskperimen dan tanpa perlakuan pada kelas kontrol. Gain score nilai pre-test dan post-test dianalisis dengan menggunakan uji t.
Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilaksanakan menunjukan bahwa terdapat perbedaan nilai rata- rata nilai pre-test dan post-test kelas kontrol dan eksperimen. Pada kelas kontrol nilai rata-rata pre-test sebesar 65,78, sementara nilai rata-rata post-test sebesar 83,43 dan hanya meningkat sebesar 17,65, sedangkan kelas eksperimen nilai rata-rata pre-test sebesar 65,78, sementara nilai rata-rata post-test sebesar 86,71. Hasil uji t dengan menggunakan independent simpel t test di peroleh taraf signifikan 0,030. Dari hasil analisis yang telah Pendidikan merupakan hal penting untuk membekali siswa menghadapi masa depan, seperti yang kita ketahui sampai saat ini bahwa mata pelajaran geografi merupakan salah satu mata pelajaran yang dirasa sulit oleh sebagian besar siswa, sehingga minat untuk mempelajarinya semakin rendah. Agar
kemampuan siswa untuk mencapai hasil belajar yang maksimal diperlukan jalan keluar, yaitu menggunakan salah satu model pembelajaran. Sesuai dengan materi
yang akan diteliti, salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran Problem Posing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Singosari, dengan sub materi potensi dan persebaran sumber daya untuk penyediaan bahan industri.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eskperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS, dengan sampel penelitian kelas XI IPS A/17 sebagai kelas eksperimen yaitu pembelajaran dengan menggunakan model problem posing dan kelas XI IPS C/17 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional yang masing-masing kelas berjumlah 32 siswa. Data hasil belajar siswa didapatkan dari nilai pre-test dan post-test dengan menggunakan soal uraian yang berjumlah 5 nomor. Pre-test digunakan untuk mengetahui nilai awal siswa sebelum diberikan perlakuan, sedangkan post-test digunakan untuk mengetahui nilai akhir siswa setelah mendapatkan perlakuan pada kelas eskperimen dan tanpa perlakuan pada kelas kontrol. Gain score nilai pre-test dan post-test dianalisis dengan menggunakan uji t.
Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilaksanakan menunjukan bahwa terdapat perbedaan nilai rata- rata nilai pre-test dan post-test kelas kontrol dan eksperimen. Pada kelas kontrol nilai rata-rata pre-test sebesar 65,78, sementara nilai rata-rata post-test sebesar 83,43 dan hanya meningkat sebesar 17,65, sedangkan kelas eksperimen nilai rata-rata pre-test sebesar 65,78, sementara nilai rata-rata post-test sebesar 86,71. Hasil uji t dengan menggunakan independent simpel t test di peroleh taraf signifikan 0,030. Dari hasil analisis yang telah dilakukan peneliti menunjukan taraf signifikan 0.030 ≤ 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Singosari


Ketersediaan
2130789/SB/2019KKI 910 SIM p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 910 SIM p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Geografi - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
x, 165 hlm, 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
910
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Model Pembelajaran Problem Posing
Hasil Belajar Geografi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik