Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Student Facultator And Explaning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 2 Malang
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Facilitator And Explaning berbantuan Media Audio Visual terhadap hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 Malang. Rancangan penelitian ini terdapat 2 kelompok, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Sebelum diberi perlakukan kedua kelompok ini yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, terlebih dahulu diberikan pre-test dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan awal siswa, kemudian siswa diberikan post-test untuk mengetahui kemampuan akhir siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan bentuk “Group Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Malang yang terdiri dari 5 kelas, kemudian diadakan pengambilan sempel yaitu kelas XI IPS 1 36 siswa dan kelas XI IPS 4 35 siswa atas dasar memiliki nilai rata-rata yang sama. Sebagai kelas eksperimen yaitu XI IPS 1 dan kelas kontrol yaitu XI IPS 4.
Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh rata-rata gain score hasil belajar, pada kelas eksperimen yaitu sebesar 31,79 dan rata-rata gain score kelas kontrol yaitu 28, 29. Gain score kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan gain score kelas kontrol. Hasil analisis Uji One Sample t- Test kelas kontrol diperoleh nilai thitung = 25,45 dengan signifikan 0,000 dan hasil analisis uji-t kelas eksperimen di peroleh nilai thitung = 33,94 dengan signifikan 0,000. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedan hasil belajar siswa antara model Student Facilitator And Explaning Berbantuan Media Audio Visual dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Malang.
Peneliti menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model Student Facilitator And Explaning berbantuan Media Audio
Visual terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Malang, pernyataan ini sesuai dengan nilai yang sudah dihitung dengan menggunakan SPSS 16.0 For Windows. Saran peneliti, model pembelajaran Student Facilitator And Explaning berbantuan Media Audio Visual sangat cocok digunakan karena sangat
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, karena siswa diharuskan untuk mampu mengemukakan pendapatnya. Sebelum model pembelajaran Student Facilitator And Explaning berbantuan Media Audio Visual disarankan membut rancangan yang matang agar semua tahapan pelaksanaan model pembelajaran Student Facilitator And Explaning berbantuan Media Audio Visual berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan pembelajaran
2130778/SB/2019 | KKI 910 KUR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain