Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII B Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Pakisaji Kabupaten Malang
Hasil observasi dikelas VIII B SMP N I Pakisaji Kabupaten Malang diketahui bahwa keaktifan belajar siswa masih rendah. Setelah melihat permasalahan tersebut yaitu keaktifan belajar siswa sangat rendah maka guru (peneliti) menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stary dalam melaksanakan penelitian dikelas VIII B SMP N I Pakisaji Kabupaten Malang. Two Stay Two Stray merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang didesain untuk meningkatkan rasa tanggung jawab siswa terhadap pembelajaran sendiri dan juga pembelajaran orang lain. Selanjutnya penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIII B pada matapelajaran IPS si SMPN I Pakisaji Kabupaten Malang melalui model pembelajaran Two Stay Two Stray.
Rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N I Pakisaji Kabupaten Malang siswa kelas VIII B tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri 27 siswa yaitu 10 laki-laki dan 17 perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keaktifan, keterlaksaan model pembelajaran, dan catatan temuan lapangan.
Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilaksanakan menunjukan bahwa pada siklus I persentase keaktifan 70,83% kategori aktif. Untuk siklus II persentase keaktifan 87,50% kategori sangat aktif. Untuk itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada guru IPS SMP N I Pakisaji Kabupaten Malang agar dapat menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stary dalam upaya meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hasil penelitian ini dapat menjadi refrensi bagi siswa akan pentingnya keaktifan belajar siswa. Bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan tujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa, diharapkan dapat dilakukan dengan baik agar mendapatkan hasil yang optimal.
2130775/SB/2019 | KKI 530 SET p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain