Electronic Resource
Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) Berbasis Lesson Study Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V SDN Sukun 3 Malang
Penggunaan model pembelajaran penting dalam mendukung hasil belajar siswa. Siswa masih lemah dalam memahami penjelasan yang disampaikan guru karena guru belum menggunakan model pembelajaran yang menarik. Untuk itu, diperlukan sebuah model yang dapat membantu siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestethic (VAK) berbasis Lesson Study terhadap hasil belajar siswa dan tanpa menggunaka model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) berbasis Lesson Study.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel menggunkan sistim purposive sampling. Dari populasi siswa kelas VA dan VB SDN Sukun 3 Malang, kemudian dilakukan pengundian menurut pertimbangan peneliti. Kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen.
Hasil penelitian pada ranah kognitif melalui uji hipotesis yang menggunakan uji t dengan taraf signifikasi 5%, menunjukan bahwa nilai thitung > ttabel (9,607 > 0,069) maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestethic (VAK) berbasis Lesson Study terhadap hasil belajar siswa.
2130765/SB/2019 | KKI 372 LET p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain