Electronic Resource
Hubungan Interaksi Teman Sebaya dengan Kecerdasan Emosional Anak Nurul Qomariyah Desa Pagedangan Kecamatan Turen
Perkembangan sosial berarti perolehan kemampuan berperilaku yang sesuai dengan tuntutan sosial menjadi orang yang mampu bermasyarakat Anak yang mampu berinteraksi dengan baik dapat mengembangkan kemampuan kecerdasan emosionalnya, karena dengan adanya kecerdasan emosional penting untuk anak dalam pembentukan kepribadian untuk kedepannya
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan interaksi teman sebaya dengan kecerdasan emosional anak di Ra Nurul Qomariyah desa Pagedangan kecamatan Turen. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasi. Subjek peneletian ini adalah anak RA Nurul Qomariyah tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah anak sebanyak 40 orang. pengumpul data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara interaksi teman sebaya dengan kecerdasan emosional anak di RA Nurul Qomariyah desa Pagedangan kecamatan Turen.
Analisi data untuk menguji hipotesis ini dengan menggunakan teknik Uji Rekresi Linear Sederhana. hasil Uji Validitas Instrumen menggunakan Product moment diantara 0,40 ≤ r < 0,80, reliebilitas menggunakan Cronbach Alpha diantara 0,90 ≤ r ≤ 1,00, normalitas data menggunakan One Sample Kolmograv-smimov tes dengan nilai signifikan di atas 0,50 yaitu 0,200. Uji linieritas dengan nilai signifikan sama dengan 0,116 < 0,05. Analisi data menggunakan uji rekresi liniear sederhana dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < Probabilitas 0,05.
Berdasarkan hasil yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara interaksi teman sebaya dengan kecerdasan emosional. Berdasarkan perhitungan uji rekresi linear sederhana dengan signifikan sebesar 0,000
2130724/SB/2019 | KKI 372 PRI h/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain