Electronic Resource
Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Pola Keruangan Belanja Wanita Dalam Memberdayakan Ekonomi Di Urban Frince Kecamatan Sukun Kota Malang
Kecamatan Sukun merupakan salah satu kecamatan di Kota Malang, sebagai wilayah urban fringe. Perkembangan kota yang terus menerus akan berpengaruh terhadap kegiatan masyarakat yang ada di wilayah urban fringe. Kebiasaan belanja wanita mempunyai pengaruh terhadap pemberdayaan ekonomi dan masyarakat. Pemberdayaan ekonomi berarti memampukan masyarakat sekitar agar mandiri secara ekonomi atau setidaknya memberikan pemacu agar terjadi perkembangan ekonomi di daerah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pola keruangan belanja wanita. di urban fringe Kecamatan Sukun Kota Malang.
Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu kuesioner dan dokumentasi. Objek penelitian adalah wanita rumah tangga di urban fringe Kecamatan Sukun Kota Malang. Penentuan sampel didasarkan pada stratified random sampling, dengan jumlah yaitu 100 wanita rumah tangga yang tersebar di enam kelurahan sebagai sampel wilayah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif persentase, Chi Square dan regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik sosial ekonomi wanita di urban fringe Kecamatan Sukun memiliki potensi bagi pemberdayaan ekonomi,
ditandai dengan umur yang produktif, tingkat pendidikan, pendapatan dan pengeluaran keluarga. Pola keruangan terutama pada jarak menunjukkan adanya hubungan dengan wilayah urban fringe. Faktor-faktor yang mempengaruhi pola keruangan belanja wanita adalah kepribadian wanita sebagai faktor internal dan sebagai faktor eksternal adalah kualitas serta pilihan produk.
Berdasarkan hasil penelitian, maka saran yang diberikan adalah pengembangan sarana dan prasarana di urban fringe Kecamatan Sukun dengan memperhatikan daya saing kualitas dan jumlah produk. Pengembangan fasilitas pelayanan ekonomi terutama pasar tradisional di urban Fringe karena wanita cenderung memilih jarak yang dekat dari tempat tinggalnya untuk belanja.
2130718/SB/2019 | KKI 910 SEP f/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain