Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Dengan Berbantuan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII-A SMP NEgeri 3 Singosari
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika dinyatakan bahwa meskipun diSMP Negeri 3 Singosari sudah menerapkan kurikulum 2013, namun pada umumnya proses belajar mengajar fisika dikelas masih menggunakan metode ceramah. Hal ini disebabkan kerena kurangnya pengetahuan guru mengenai metode pembelajaran atau strategi pembelajaran yang sesuai dengan penerapan kurikulum 2013. Sehingga nilai rata-rata nilai ulangan harian IPA kelas VIII-A dibawah KKM yaitu 66,81 sedangkan KKM yang ditentukan disekolah adalah 75. Dilihat dari ketuntasan belajar siswa yang mencapi ketuntasan belajar hanya 15 siswa sebanyak 40,54 dari 37 siswa. Berdasarkan nilai yang ada maka nilai IPA unyuk siswa kelas VIII-A masih dalam kategori rendah, sehingga diusahakan motivasi dan prestasi belajar siswa dapat meningkat, dalam hal ini peneliti menerapkan model pembelajaran learning cycle 5E berbantuan mind mapping untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPA siswa SMP Negeri 3 Singosari.
Penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui sejauh mana model pembelajaran learning cycle 5E berbantuan mind mapping untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII-A SMP Negeri 3 Singosari. Subjek penelitian ini siswa kelas VIII-A SMP Negeri 3 Singosari yang berjumlah 37 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Jenis penelian adalah penelitian PTK (Classroom Action Research) yang masing-masing siklus terdiri atas tahapan-tahapan (1) perencanaan (planing), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observation), (4) refleksi (reflecting). Tenik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, disesuaikan dengan jenis variabel yang diukur, dengan dengan tujuan agar lebih mudah dalam mengukur variabel-veriabel tersebut. Hasil enelitian keterlaksanaan pemelajaran pada siklus I adalah 66,67% berada padakualifikasi cukup baik dan pada siklus II 86,67% berada pada kualifikasi baik, sedangkan motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 69,53% dengan kategori cukup baik dan siklus II sebesar 88,58% dengan kategori baik, dan prestasi belajar siswa pada siklus I sebesar 72,51% dan pada siklus II sebesar 81,84% maka kedua siklus ini dikategorikan baik.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan mind mapping dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.
2130279/SB/2019 | KKI 530 DAH p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain