Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Ensiklopedia Berbasis Gambar Pada Materi Pencernaan Makanan Pada Manusia Kelas V Di SD Negeri 1 Sidorejo Tahun Pelajaran 2017/2018

Electronic Resource

Pengembangan Ensiklopedia Berbasis Gambar Pada Materi Pencernaan Makanan Pada Manusia Kelas V Di SD Negeri 1 Sidorejo Tahun Pelajaran 2017/2018

Aistica Maria Kusumaningrum - Nama Orang; Farida Nur Kumala, S.Si., M.Pd. - Nama Orang; Retno Widowati, M.Pd. - Nama Orang;

Bahan ajar ini dikembangkan berupa buku ensiklopedia berbasis gambar, yang merupakan bahan ajar pada mata pelajaran IPA, materi pencernaan makanan pada manusia. Tujuan dari pengembangan bahan ajar ensiklopedia berbasis gambar pada materi pencernaan makanan pada manusia adalah mengembangkan, mengetahui kelayakan, dan kepraktisan ensiklopedia berbasis gambar pada materi pencernaan makanan pada manusia.
Metode penelitian menggunakan model research and development (R&D) dari Borg and Gall. Menurut Hasyim (2016:86) langkah-langkah dalam melakukan research and development (R&D) menurut Borg and Gall, yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap produksi, dan tahap evaluasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif.
Pengembangan ensiklopedia berbasis gambar pada materi pencernaan makanan pada manusia diuji kevalidan oleh ahli materi, ahli tampilan, ahli bahasa dan guru , uji kelompok kecil, uji kelompok besar, dan kepraktisannya. Uji kevalidan pengembangan ensiklopedia berbasis gambar oleh ahli materi mendapatkan skor 84% yang berarti “layak”, validasi ahli tampilan mendapatkan skor 87,5% yang berarti “layak”, validasi ahli bahasa mendapatkan skor 84% yang berarti “layak”, validasi oleh guru kelas V mendapatkan skor 96% yang berarti “layak”. Uji kelompok kecil mendapatkan skor 86% yang berarti “layak”, uji kelompok besar mendaptkan skor 91% yang berarti “layak”, dan kepraktisan mendapatkan skor 95% yang berarti “sangat praktis”. Saran bagi peneliti selanjutnya, dapat dijadikan sebagai bahan refrensi dalam melakukan penelitian sejenis dan lebih lanjut dalam bidang yang sama.


Ketersediaan
2130254/SB/2019KKI 372 KUS p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 KUS p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
xv, 121 hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik