Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP NEGERI 17 Malang

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP NEGERI 17 Malang

Yosefina Vila - Nama Orang; Dr. Triwahyudianto., M.Si - Nama Orang; Mustika Arif Jayanti, M.Pd - Nama Orang;

Latar belakang peneliti melakukan penelitian di SMP Negeri 17 Malang karena kemapuan berpikir kritis di sekolah tersebut masih minim dan model pembelajaran inkuiri terbimbing di SMP Negeri 17 Malang belum perna dilaksanakan. Tujuan penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk mendeskripsikan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMP Negeri 17 Malang, terlihat pada saat proses pembelajaran dikelas, siswa cenderung kurang aktif, proses pembelajaran masih
menggunakan metode ceramah, pemberiaan tugas, dan belum memanfaatkan media pembelajaran sehingga membuat siswa merasa bosan dan menganggap IPS itu
pelajaran yang membosankan. Hal itu mengakibatkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus .
Berdasarkan penelitian , rata-rata kualitas keterlaksanaan pembembelajaran oleh kedua pengamat yaitu pada siklus I sebesar 78,31% dengan kategori Cukup Baik
sedangkan pada siklus II sebesar 85,77% dengan kategori sangat Baik. Sedangkan dari analisis kemampuan berpikir kritis yang dicapai oleh siswa pada siklus I 73,17%
dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 88,67%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri terbimbing dikategorikan baik, Pembelajaran Inkuri Terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII H dengan hasil pada siklus I
sebesar 73,17% dan pada siklus II sebesar 88,67%, peningkatan berpikir kritis siswa sebesar 15,53.


Ketersediaan
2130230/SB/2019KKI 910 FIL p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 910 FIL p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Geografi - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
xi, 188hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
910
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Riset Skripsi
berpikir kritis
Model Pembelajaran Inkuri Terbimbing
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik