Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP PGRI 02 Lawang Malang
Hasil observasi awal dikelas VIII SMP PGRI 2 Lawang dapat diketahui hasil belajar tergolong masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari pembelajaran yang berlangsung,siswa kurang memperhatikan penjelasan guru sehingga siswa lebih berperan sebagai penerima informasi pasif. Kurangnya pemahaman dari siswa mengenai pertanyaan yang diberikan oleh guru, sehingga berpengaruh pada hasil belajar dari 29 siswa hanya terdapat 12 orang yang tuntas sedangkan 17 siswa lainya belum tuntas.Berdasarkan permasalahan ini maka peneliti ingin menerapkan model pembelajaran jigsaw. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP PGRI 02 Lawang Malang melalui model pembelajaran jigsaw.
Pembelajaran kooperatif jigsaw merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang mendorong siswa aktif dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran untuk mencapai prestasi yang maksimal. Untuk memecahkan masalah jenis penelitian yang digunakan dalam prnrlitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model Arikunto yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMP PGRI 2 Lawang yang terdiri dari 29 siswa. Instrumen ini dilakukan dengan menggunakan tes, lembar observasi dan catatan lapangan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada siklus I dari 29 siswa yang tuntas 19 dengan presentase ketuntasan 65,51% . siklus II menunjukan peningkatan hasil belajar hasil belajar dari 29 siswa terdapat 27 siswa yang tuntas dengan presentase ketuntasan mencapai 93,10%. Sesuai penelitian diatas dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk itu disarankan kepada guru matapelajaran IPS untuk menggunakan model pembelajaran jigsaw, sehingga dapat menerapkan strategi yang tepat dan bagi siswa dapat memberikan pengelaman baru dengan penerapan model pembelajar jigsaw serta dapat meningkatkan hasil belajar.
2130229/SB/2019 | KKI 910 MAN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain