Electronic Resource
Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Jarak Tempuh Ke Kampus Terhadap IPK Mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi Angkatan 2014 Universitas Kanjuruhan Malang
Dalam pencapaian prestasi akademik yang bagus tentunya tidak terlepas dari peran keluarga atau orang tua yang menjadi tulang punggung keluarga serta usaha dari mahasiswa itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh motivasi berprestasi terhadap IPK mahasiswa program studi Pendidikan Geografi angkatan 2014 Universitas Kanjuruhan Malang, (2) Pengaruh jarak tempuh ke kampus terhadap IPK mahasiswa program studi Pendidikan Geografi angkatan 2014 Universitas Kanjuruhan Malang, (3) Pengaruh motivasi berprestasi dan jarak tempuh ke kampus terhadap IPK mahasiswa program studi Pendidikan Geografi angkatan 2014 Universitas Kanjuruhan Malang.
Metode yang digunakan dalam penelitian kuantitatif dengan mengunakan analisis Regresi Linier Berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Geografi angkatan 2014 Universitas Kanjuruhan Malang yang berjumlah 210 mahasiswa. Supaya memperoleh sampel yang representative dari sejumlah populasi maka sampel dalam penelitian ini sebesar 20% dari jumlah seluruh mahasiswa yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah sampel 42 mahasiswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik angket.
Berdasarkan temuan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa motivasi berprestasi tidak berpengaruh terhadap IPK mahasiswa dengan nilai signifikan 0,185 dan jarak tempuh ke kampus tidak ada pengaruh terhadap IPK mahasiswa dengan signifikan 0,283. Karena tingkat signifikan-nya lebih dari 0,05 maka motivasi berprestasi dan jarak tempuh ke kampus tidak ada pengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.
Berdasarkan penelitian ini disarankan kepada mahasiswa untuk lebih meningkatkan lagi motivasi, kedisiplinan belajar dan minat belajarnya agar prestasi belajar/IPK bisa ditingkatkan, salah satu cara yang cukup sederhana dalam meningkatkan prestasi dengan menanamkan kesadaran pada diri mahasiswa mengenai tujuan semula ada di Universitas Kanjuruhan Malang.
2130220/SB/2019 | KKI 910 OWA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain