Electronic Resource
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Permainan Ludo Di MTS Mambaul Ulum Turen Kabupaten Malang
Hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran MTs Mambaul Ulum Turen menunjukkan bahwa pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, LKPD yang digunakan kurang menarik untuk membuat peserta didik berperan aktif, dan LKPD menekankan pada pemberian rumus saja sehingga menyebabkan pembelajaran terkesan monoton dan membosankan. Oleh karena itu, peneliti akan mengembangkan LKPD dengan permainan ludo, LKPD tersebut memuat ilustrasi yang akan membantu peserta didik menemukan konsep bilangan pecahan, materi, dan latihan soal.
Tujuan dalam penelitian ini adalah mengembangkan LKPD berbasis permainan ludo yang layak dan efektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) yang menggunakan model ADDIE dengan lima tahapan pengembangan: (1) Analysis; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; (5) Evaluation.
Hasil penelitian ini adalah uji validasi ahli materi memperoleh skor ratarata 3,71, validasi ahli pembelajaran memperoleh skor rata-rata 3,10, validasi ahli media memperoleh skor rata-rata 3,31, angket respon peserta didik memperoleh skor rata-rata 3,25, dan persentase ketuntasan yang diperoleh kelas VII adalah 75%. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis permainan ludo ini dinyatakan layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Disarankan agar hasil penelitian dan LKPD berbasis permainan ludo ini digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran serta dapat berguna bagi penelitian dalam bidang matematika.
2130212/SB/2019 | KKI 510 SHO p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain