Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Efektivitas Model Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Wagir

Electronic Resource

Efektivitas Model Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Wagir

Helena Jemia - Nama Orang; Drs. Djoko Adi Susilo, M.Pd - Nama Orang; Tri Candra Wulandari, M.Pd - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model penemuan terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Wagir. Berdasarkan tujuan penelitian maka penelitian ini menggunakan pendekatan pre- eksperimental dengan desain one group pretest posttest. Populasi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Wagir berjumlah 182 siswa sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah kelas VII-A yang terdiri atas 32 orang siswa, yaitu 15 laki-laki dan 17 perempuan.Peneliti melakukan pengambilan data dengan menggunakan metode tes. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah one-sampel t-test (uji-t) dengan uji prasyarat atau uji normalitas dan uji homogenitas dengan bantuan SPSS 22 for windows.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa data yang diperoleh berdistribusi normal dengan signifikan untuk pretest 0,179 dan posttest 0,105, serta homogen dengan signifikan 0,317. Sedangkan hasil uji-t menunjukan hipotesis penelitian diterima dengan signifikan 0,000 yang artinya model penemuan terbimbing lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa.
Berdasarakan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model penemuan terbimbing untuk materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) efektif digunakan di SMP Negeri 2 Wagir. Peneliti menyarankan adanya penelitian lanjutan dengan menggabungkan model penemuan terbimbing dengan model lain yang lebih kreatif atau media pembelajaran agar semangat dan hasil belajar siswa lebih baik lagi.


Ketersediaan
2130203/SB/2019KKI 530 JEM e/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 JEM e/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
vi, 93 hlm, 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Skripsi
Efektivitas
Penemuan terbimbing
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik