Electronic Resource
Efektivitas Model Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Wagir
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model penemuan terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Wagir. Berdasarkan tujuan penelitian maka penelitian ini menggunakan pendekatan pre- eksperimental dengan desain one group pretest posttest. Populasi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Wagir berjumlah 182 siswa sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah kelas VII-A yang terdiri atas 32 orang siswa, yaitu 15 laki-laki dan 17 perempuan.Peneliti melakukan pengambilan data dengan menggunakan metode tes. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah one-sampel t-test (uji-t) dengan uji prasyarat atau uji normalitas dan uji homogenitas dengan bantuan SPSS 22 for windows.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa data yang diperoleh berdistribusi normal dengan signifikan untuk pretest 0,179 dan posttest 0,105, serta homogen dengan signifikan 0,317. Sedangkan hasil uji-t menunjukan hipotesis penelitian diterima dengan signifikan 0,000 yang artinya model penemuan terbimbing lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa.
Berdasarakan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model penemuan terbimbing untuk materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) efektif digunakan di SMP Negeri 2 Wagir. Peneliti menyarankan adanya penelitian lanjutan dengan menggabungkan model penemuan terbimbing dengan model lain yang lebih kreatif atau media pembelajaran agar semangat dan hasil belajar siswa lebih baik lagi.
2130203/SB/2019 | KKI 530 JEM e/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain