Electronic Resource
Pengaruh Kombinasi Model Pembelajaran Problem Posing Dan Snowball Throwing Terhadap Minat Belajar Matematika Peserta Didik SMP Negeri 2 Pakisaji Kabupaten Malang
Peserta didik menganggap matematika merupakan pelajaran yang sangat sulit. Hal ini dibuktikan pada proses pembelajaran peserta didik kurang aktif. Ini sangat berpengaruh pada minat belajar matematika. Guru dituntut untuk dapat meningkatkan minat belajar matematika. Upaya tersebut antara lain dilakukan dengan memilih model pembelajaran yang sesuai. Di antara model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran problem posing dan snowball throwing. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya pengaruh kombinasi model pembelajaran problem posing dan snowball throwing terhadap minat belajar matematika peserta didik SMP Negeri 2 Pakisaji.
Penelitian ini dilakukan di kelas eksperimen dan kelas kontrol SMP Negeri 2 Pakisaji yang berjumlah 50 peserta didik, Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (Quasi Experimental Design). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen adalah penelitian dengan melakukan percobaan terhadap kelompok-kelompok eksperimen. Instrumen pada penelitian ini ada 2 yaitu lembar observasi dan angket. Analisis data kuesioner minat belajar dilakukan menggunakan uji Independent-sampel T test, dengan kriteria taraf signifikan α = 0,05.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh kombinasi model pembelajaran Problem Posing dan Snowball Throwing terhadap minat belajar matematika peserta didik terlihat mellaui uji Independent-sampel T test pada SPSS 16.0 diperoleh hasil nilai signifikan perhitungan sig. (2-tailed) = 0,022 dengan taraf signifikan α = 0,05, maka sig. (2-tailed)
2130188/SB/2019 | KKI 510 HAJ p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain