Electronic Resource
Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Geografi
Kondisi sosial ekonomi orang tua merupakan salah satu faktor penghambat meraih prestasi hanya karena kondisi sosial ekonominya kurang atau tidak mendukung. Keberhasilan siswa dalam meraih prestasi tidak terlepas dari faktor internal seperti minat, bakat, kecerdasan, cara belajar dan sebagainya, sedangkan faktor eksternal seperti kondisi sosial ekonomi orang tua dan pendapatan orang tua.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kondisi sosial ekonomi orangtua terhadap prestasi belajar geografi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Malang, sehingga dari hasil penelitian ini diharapkan adanya perhatian khusus bagi siswa yang kondisi social ekonominya kurang mampu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian deskriptif dan desain penelitian menggunakan metode survei. Sampel dalam penelitian ini 40 siswa dari jumlah siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Malang yaitu 206 siswa. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket kodisi sosial ekonomi orangtua, sedangkan prestasi geografi dilihat dari nilai rapor pada semester 1.
Data dari angket yang telah diisi oleh responden dianalisis menggunakan uji Runs Tes, perhitungan Runs tes dilakukan dengan bantuan SPSS 16. Hasil perhitungan SPSS dapat dilihat bahwa Asymp.Sig (2-tailed) dari pendidikan orangtua dan pendapatan orangtua adalah 0.755 dan 0.731. Jika probabilitas lebih
< 0.05 maka Ho ditolak, sebaliknya jika probabilitas > 0.05 maka Ho diterima.
Berdasarkan hasil analisis diatas maka dapat disimpulkan bahwa kondisi sosial ekonomi orang tua sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar atau nilai Asymp.Sig (2-tailed) lebih besar dari nilai alpha yaitu 0.05. Saran penulis kepada Kepala sekolah diharapkan bisa memperhatikan peserta didik agar berprestasi baik dengan cara memberikan arahan dan nasehat kepada peserta didik. Bagi Guru hendaknya memantau dan mengarahkan siswa untuk tekun belajar khususnya di lingkungan sekolah agar dapat meningkatkan prestasi belajar yang lebih baik. Bagi siswa (a) Menerapkan disiplin dalam dirinya sendiri terutama dalam belajar, karena disiplin merupakan kunci utama dalam merai kesuksesan, (b) mempunyai kebiasaan baik yang berkesinambungan, (c) membuat jadwal belajar di rumah,(d) mengulang pelajaran yang telah disampaikan oleh guru di sekolah
2130186/SB/2019 | KKI 910 ABD p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain