Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
Image of Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X.AK2 SMK PGRI Pakisaji Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Tahun Pelajaran 2017/2018

Electronic Resource

Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X.AK2 SMK PGRI Pakisaji Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Tahun Pelajaran 2017/2018

Anisa Kristi - Nama Orang; Tri Candra Wulandari, M.Pd - Nama Orang; Drs. H. Djoko Adi Susilo, M.Pd - Nama Orang;

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear tiga variabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan di SMK PGRI Pakisaji dengan subyek penelitian adalah siswa kelas X.Ak2 yang terdiri dari 24 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus 1 dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditetapkan, sedangkan pada siklus kedua terdapat pengembangan pada pembagian kelompok. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara (1) observasi guru dan siswa, (2) catatan lapangan, (3) tes individu. Analisis data dilakukan dengan cara pemilahan dan penyusunan klarifikasi, penyuntingan data dan pemberian kode, konfirmasi data, dan analisa data dengan mengkonstruksi pada penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Problem Based Learning berbasis kooperatif terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil tes akhir tiap siklus, yaitu pada siklus I banyaknya siswa yang mencapai nilai ≥ 75 sebanyak 15 siswa atau hanya 62.5% siswa yang mencapai ketuntasan. Pada tes akhir Siklus II banyak siswa yang mencapai nilai ≥ 75 sebanyak 17 siswa atau 70.83% siswa mencapai ketuntasan. Pembelajaran Problem Based Learning berbasis kooperatif terbagi dalam 3 tahap pembelajaran yaitu (1) tahap awal meliputi membuka dengan salam, mengecek kesiapan belajar siswa, memberikan apersepsi materi terkait, memberikan motivasi, menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan rencana kegiatan pembelajaran, (2) tahap inti meliputi pelaksanaan pembelajaran berkelompok melalui analisis permasalahan dan presentasi hasil diskusi dan (3) tahap akhir meliputi membuat kesimpulan dan tes akhir siklus.
Berdasarkan penelitian ini, pembelajaran Problem Based Learning berbasis kooperatif dilakukan dengan langkah-langkah mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan pada tahap inti pembelajar. Dalam pembelajaran yang diterapkan peneliti dapat menuntut siswa untuk berperan aktif dalam diskusi kelompok dan menyelesaikan permasalah kontekstual dengan menerapkan konsep matematika yang telah dielajari sebelumnya. Bagi guru matematika dan peneliti lain dapat mempergunakan metode pembelajaran Problem Based Learning berbasis kooperatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan kondisi siswa dengan permasalahan yang sama dengan yang dilakukan peneliti, maupun dengan kondisi lainnya.


Ketersediaan
2130184/SB/2019KKI 510 KRI p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 KRI p/s
Penerbit
Malang : Manajemen - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
xi, 126hlm, 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Skripsi
Sistem persamaan linear tiga variabel
Pembelajaran Problem Based Learning
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik