Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbasis Demonstrasi Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VIII Di SMPN Negeri 12 Malang Tahun Ajaran 2017/2018

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbasis Demonstrasi Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VIII Di SMPN Negeri 12 Malang Tahun Ajaran 2017/2018

Katarina Isam - Nama Orang; Chandra Sundaygara, S. Pd., M.Pd - Nama Orang; Dr. Sutrisno, M.T. - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Solving berbasis demonstrasi dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan rancangan penelitiannya dilakukan melalui dua siklus yang terdiri atas 4 tahap. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII H SMP NEGERI 12 Malang sebanyak 32 orang. Pengambilan data menggunakan lembar instrumen keaktifan dan tes prestasi belajar kemudian dianalisis menggunakan excel.
Berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Solving berbasis demonstrasi dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari presentase keaktifan pada tindakan I dan tindakan II berturut-turut 76,30 % dan 91,67 %. Presentase prestasi belajar pada pra siklus, siklus I dan siklus II berturut-turut 69,47; 71,40; dan 83,12. Sedangkan berdasarkan KKM diperoleh nilai pra siklus, siklus I dan siklus II berturut-turut 43,75 %, 50 %, dan 87,50 %


Ketersediaan
2130173/SB/2019KKI 530 ISA p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 ISA p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
x, 189 hlm 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Prestasi Belajar
Problem Solving
Keaktifan
Skripsi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik