Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbasis Demonstrasi Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VIII Di SMPN Negeri 12 Malang Tahun Ajaran 2017/2018
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Solving berbasis demonstrasi dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan rancangan penelitiannya dilakukan melalui dua siklus yang terdiri atas 4 tahap. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII H SMP NEGERI 12 Malang sebanyak 32 orang. Pengambilan data menggunakan lembar instrumen keaktifan dan tes prestasi belajar kemudian dianalisis menggunakan excel.
Berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Solving berbasis demonstrasi dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari presentase keaktifan pada tindakan I dan tindakan II berturut-turut 76,30 % dan 91,67 %. Presentase prestasi belajar pada pra siklus, siklus I dan siklus II berturut-turut 69,47; 71,40; dan 83,12. Sedangkan berdasarkan KKM diperoleh nilai pra siklus, siklus I dan siklus II berturut-turut 43,75 %, 50 %, dan 87,50 %
2130173/SB/2019 | KKI 530 ISA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain