Electronic Resource
Penerapan Model Inquiri Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Malang
Pembelajaran di sekolah cenderung sangat teoritis dan terkait dengan kehidupan yang ada lingkungan nyata. Rumusan masalah, bagaimana meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan menggunakan model Inquiri dan bagaimana kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan menggunakan Model Inquiri. Proses penerapan model dalam pembelajaran ini berfokus kepada Penelitian Tindakan Kelas( PTK), model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari empat komponen, yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection).
Hasil observasi dilapangan diketahui bahwa kemampuan berpikir tingat tinggi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Malang rendah, khususnya pada mata pelajaran IPS. Rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi di SMP Negeri 5 Malang disebabkan oleh model pembelajaran yang kurang bervariasi, penggunaan model pembelajaran yang kurang sesuai dengan tujuan materi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Malang dengan menggunakan model pembelajaran Inquiri. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK.
Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus, di mana setiap siklus materi dan tujuan pembelajaran yang berbeda. Hasil dari penelitian siklus I belum mengalami peningkatan maka diperlukan ada siklus ke II. Hasil kemampuan berpikir tingkat tinggi yang diperoleh pada siklus I yaitu 79,85%, dan Hasil kemampuan berpikir tingkat tinggi yang diperoleh pada siklus iI yaitu 82,52%. Dapat menyimpulkan bahwa model Inquri merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, sehingga proses dan hasil belajar siswa akan lebih baik.
Diharapkan hasil penelitian selanjutnya melakukan penelitian model pembelajaran Inquiri dengan variabel atau materi yang berbeda karakteristiknya. Agar bisa diketahui secara lanjut kelebihan model pembelajaran Inquiri dalam hubungan dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Pada akhir peneliti ini merekomendasikan bahwa untuk merangsang timbulnya masalah-masalah dari siswa, guru harus memikirkan suatu kegiatan eksplorasi yang akan dilakukan oleh siswa, agar siswa mempunyai gagasan untuk mengemukakan pendapat dan mengajukan pertanyaan terhadap materi yang diajarkan, menumbuhkan keberanian seluruh siswa dalam menggunggkapkan masalah, guru harus memberikan penguatan kepada siswa yang bertanya sehingga siswa lainnya termotivasi untuk bertanya.
2130156/SB/2019 | KKI 910 MEN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain