Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Writer (TTW) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK PGRI Singosari Tahun Ajaran 2017/2018
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui kualitas proses keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Think Talk Write
dalam meningkatkan Keaktifan dan Prestasi belajar fisika pada siswa; 2) Untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Think Talk Write dapat
meningkatkan keaktifan siswa; 3) Untuk mengetahui apakah model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan prestasi belajar fisikia pada siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Ruang lingkup penelitian ini
adalah kelas X TKR-1 SMK PGRI Singosari Tahun Ajaran 20117/2018. Jumlah siswa 35 orang, 34 orang diantaranya laki-laki dan 1 orang perempuan. Nilai
keaktifan belajar siswa diperoleh dari testhasil belajar siswa diakhir tiap siklus.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Kualitas proses penerapan model pembelajaran Think Talk Write baik, rata-rata presentase
dari siklu I dan Siklus II adalah 85,53%. 2) Model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Rata-rata presentase pada siklus I
68,57% dan meningkat pada siklus II 86,1%. 3) Model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Rata-rata test pada siklus I
75,37dan meningkat pada siklus II 80,14. Berdasarkan penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan
keaktifan dan prestasi belajar fisika siswa.
2130155/SB/2019 | KKI 530 KEF p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain