Electronic Resource
Perbedaan Hasil Belajar IPA Kelas IV Yang Menggunakan Media Pembelajaran 2D (Dua Dimensi) Dengan 3D (Tiga Dimensi) Di SDN Ketawang Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang
Hasil belajar adalah penilaian yang diberikan kepada siswa untuk mengukur kemampuan siswa setelah mengikuti proses pembelajaran baik dari segi kognitif, afektif dan psikomotor dan untuk melihat sejauh mana tingkat pemahaman siswa dalam menerima materi diajarkan oleh guru atau yang telah selesai dipelajari siswa, baik yang menggunakan media pembelajaran maupun tidak menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran sendiri adalah segala sesuatu yang digunakan oleh seseorang dalam menyampaikan pesan kepada orang lain yang dapat juga merangsang pikiran perasaan dan kemampuan seseorang dalam menerima pesan yang disampaikan, termasuk didalam sebuah pembelajaran, memerlukan media agar siswa tidak hanya membayangkannya saja tetapi juga bisa melihat bentuk yang sebenarnya. Terutama didalam pembelajaran IPA.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian quasi eksperimental design atau bentuk eksperimental semu. Penelitian ini berlokasi di SDN Ketawang Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B yang masing-masing kelas berjumlah 15 siswa, sehingga jumlah dari siswa keseluruhan adalah sebanyak 30 siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa test.
Hasil penelitian ini adalah: berdasarkan hasil uji hipotesis yang menggunakan bantuan SPSS 20 For Windows mendapatkan nilai yang signifikansi sebesar 0,032
2130153/SB/2019 | KKI 372 NUR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain