Electronic Resource
Penggunaan Buku Cerita Fabel Untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa Di Kelas 3 SC Berita Hidup Kota Malang
Minat baca di kelas III SD Berita Hidup tergolong rendah, berkembangnya teknologi sangat canggih serta terdapat pula berbagai media elektronik disuguhkan sebagai hiburan seperti gadget, hp, game online mengakibatkan anak kurang menyukai buku. Untuk itu SD Berita Hidup membuat suatu upaya untuk menumbuhkan minat baca dengan menggunakan buku cerita fabel, sehingga dapat menciptakan rasa senang siswa dalam membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menumbuhkan minat baca siswa setelah menggunakan buku cerita fabel tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi non partisipan, wawancara semi struktur dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari siswa-siswi di kelas III SD Berita Hidup Kota Malang. Teknik analisis data menggunakan teori Moleong, Miles, dan Huberman, meliputi; pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjaga keabsahan data maka dilakukan triangulasi dan diskusi teman sejawat.
Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan fokus penelitian, yaitu tahap perencanaan meliputi; menyusun kegiatan membaca, menentukan target pencapaian, membangun kerja sama dengan guru wali kelas III, memilih tempat, dan menciptakan lingkungan yang nyaman serta menyenangkan. Tahap pelaksaan yang meliputi; menyelenggarakan kegiatan membaca, hingga sampai pada tahap evaluasi bahwa kegiatan yang dimulai sejak awal sampai selesai berjalan dengan sangat baik, lancar dan hasil yang memuaskan. Sehingga dapat ditarik kesimpulannya bahwa penggunaan buku cerita fabel untuk menumbuhkan minat baca siswa di kelas III Sekolah Dasar Berita Hidup Kota Malang berhasil ditumbuhkan. Terbukti selama dalam proses pelaksanakan kegiatan membaca, siswa- siswi sangat senang, pro-aktif dan antusias di perpustakaan untuk membaca. Saran daripada hasil penelitian ini yang diupayakan untuk menumbuhkan minat membaca, khususnya siswa-siswi sekolah dasar melalui buku cerita fabel agar terus dilanjutkan secara sistematis, serta ditingkatkan sehingga budaya membaca menjadi kuat dan berakar oleh setiap siswa-siswi, sehingga harapan kita untuk mencerdaskan generasi muda bangsa melalui ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi kenyataan.
2130146/SB/2019 | KKI 372 MAN, p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain