Electronic Resource
Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas II SDN Sukun 1 Kota Malang
Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang mengenali emosi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati) dan kemampuan untuk membina hubungan (kerjasama) dengan orang lain. Sedangkan prestasi belajar adalah hasil belajar dari suatu aktivitas belajar yang dilakukan berdasarkan pengukuran dan penilaian terhadap hasil kegiatan belajar dalam bidang akademik yang diwujudkan berupa angka-angka dan raport. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1). Kecerdasan emosional siswa kelas II SDN Sukun 1 Kota Malang. 2). Prestasi belajar siswa kelas II SDN Sukun 1 Kota Malang. 3). Bagaimana hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa kelas II SDN Sukun 1 Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif, Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sukun 1 Kota Malang, semester genap tahun ajaran 2017/2018. Jumlah sampel penelitian adalah siswa kelas IIB dan IIC sebanyak 63 siswa. Instrument penelitian berupa angket, nilai raport dan dianalisis menggunakan Korelasi Product Moment dibantu dengan program SPSS versi 19.0 for windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: Terdapat ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa. Diperoleh nilai signifikansi (2tailed) sebesar 0,489 dan data dikatakan normal jika sig > 0,05 sehingga dapat disebut normal Karena 0,489 >0,05. Sedangkan hasil analisis data tabel Paired Samples Test diperoleh hasilthitung= 53,048 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan data tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa kelas II SDN Sukun 1 Kota Malang. Berdasarkan pembahasan diatas disarankan: 1) Kepada para konselor diharapkan mampu menjadikan bahan informasi ini untuk mengetahui kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa. 2). Kepada para peneliti selanjutnya dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai bahan masukan dan bahan pertimbangan peneliti lebih lanjut.
2130136/SB/2019 | KKI 372 PRI h/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain