Electronic Resource
Analisis Kelayakan Bahasa Dalam Buku Teks Siswa Tema Perkembangbiakan Hewan Dan Tumbuhan Kelas III SD/MI Dengan Konsep Kurikulum 2013
Kelayakan bahasa merupakan satu diantara empat kriteria kelayakan suatu buku ajar atau buku teks yang harus diperhatikan dan dinilai berdasarkan peraturan dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP) di Indonesia. Buku ajar atau teks selalu dijadikan sumber atau rujukan utama dalam pengambilan informasi atau pengetahuan. Oleh karena itu, kelayakan suatu buku ajar atau buku teks sangatlah penting. Akan tetapi, dalam realita yang ada terdapat permasalahan-permaslahan
terkait konten (muatan) dalam buku ajar. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan buku Bupena kelas III SD/MI Tema Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan dengan konsep kurikulum 2013.
Penelitian ini diharapkan dapat memberi bantuan bagi para pendidik maupun kepala sekolah terkait buku ajar yang telah memenuhi kriteria buku ajar yang boleh
digunakan dalam proses pembelajaran. Selain itu, penelitian ini dapat memberi sumbangan dalam perkembangan penggunaan buku teks siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis. Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan menggunakan teknik analisis, artinya peneliti melakukan analisis terhadap materi atau isi yang ada dalam data primer (buku teks). Analisis data dimulai dengan membaca dan menelaah seluruh data yang telah tersedia, terutama data primer. Kemudian dilanjutkan dengan mengkoding data, setelah itu mengorganisasi dan menyusun hasil koding, memaparkan data, pembahasan hasil penelitian, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks Bupena kelas III SD/MI tema Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan sudah sangat layak untuk digunakan dari segi bahasa. Secara keseluruhan bahasa yang digunakan sudah sesuai dengan tingkat perkembangan intelektual dan sosial emosional siswa usai sekolah dasar. Pesan yang ada di dalam materi mudah dipahami, dalam bacaan yang ada di buku tersebut sebagian besar menggunakan kalimat efektif dan komunikatif sehingga mempermudah dalam membaca pesan yang ada. Muatan-muatan yang ada dalam pembelajaran runtut dan terpadu sesuai alur berfikir siswa mulai dari yang mudah hingga sulit atau mulai pengenalan suatu konsep hingga contoh pengaplikasian dalam kehidupan sehari-hari. Begitu pula paragraf-paragraf yang menyusun sebuah topik sudah runtut dan terpadu, sehingga pesan yang ingin disampaikan dalam bab pembelajaran yang ada mudah dipahami maksud dari materi pada sebuah pembelajaran.
2130135/SB/2019 | KKI 372 SAF a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain