Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Perbedaan Hasil Belajar IPA Siswa Yang Menggunakan  Media Konkret Pacas Berbantuan Metode Demontrasi Dan Yang Tidak Menggunakan Media Berbantuan Metode Di SDN Sedaeng 1 Tosari

Electronic Resource

Perbedaan Hasil Belajar IPA Siswa Yang Menggunakan Media Konkret Pacas Berbantuan Metode Demontrasi Dan Yang Tidak Menggunakan Media Berbantuan Metode Di SDN Sedaeng 1 Tosari

Anggun Puspita Sari - Nama Orang; Drs. Edy Susilo, M.Pd. - Nama Orang; Dr. Cicilia Ika Rahayu Nita, M.Pd. - Nama Orang;

Dari hasil observasi di SDN SEDAENG 1 TOSARI. Permasalahan yang dialami siswa kelas IV adalah pada pelajaran IPA materi Perubahan Wujud Benda yang harus dipelajari, sehingga siswa kurang mampu menghafal, mengingat dan juga memahami semua materi yang ada, karena guru hanya menggunakan buku, serta pembelajaran berpusat pada guru bukan pada siswa. Dalam penelitian ini peneliti bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan penggunaan media konkret pacas berbantuan metode demonstrasi dengan yang tidak menggunakan media berbantuan metode IV SDN Sedaeng 1 Tosari. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif, dengan desain quasiexperiment dan bentuk desain nonequivalent control group. Subyek penelitian ini
adalah siswa kelas IV A dan kelas IV B SDN Sedaeng 1. Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Data yang di peroleh akan diuji dengan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas data menggunakan Kolmogorov
Smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji Levene’s statistic. Setelah melakukan uji prasyarat, untuk mengetahui hasil dari penelitian ini maka dilakukan pengujian hipotesis, dalam penelitian ini menggunakan uji-t jenis independent sample t-test .
Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa kelas IV yang menggunakan media konkret pacas berbantuan metode demonstrasi dengan yang tidak menggunakan media berbantuan metode di SDN Sedaeng 1 Tosari, yang diperoleh dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan independent sample ttest dengan jumlah nilai thitung 3,053 > nilai ttabel 2,024 thitung, yang berarti bahwa Ha diterima. Selain itu rata-rata hasil belajar post-test menunjukkan nilai kelas eksperimen 75,000 > kelas kontrol 63,000, dari hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai dari kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.


Ketersediaan
2130132/SB/2019KKI 372 ITA p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 ITA p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
iv, 74hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Metode Demonstrasi
Skripsi
Media Konkret Pacas
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik