Electronic Resource
Perbedaan Hasil Belajar IPA Siswa Yang Menggunakan Media Konkret Pacas Berbantuan Metode Demontrasi Dan Yang Tidak Menggunakan Media Berbantuan Metode Di SDN Sedaeng 1 Tosari
Dari hasil observasi di SDN SEDAENG 1 TOSARI. Permasalahan yang dialami siswa kelas IV adalah pada pelajaran IPA materi Perubahan Wujud Benda yang harus dipelajari, sehingga siswa kurang mampu menghafal, mengingat dan juga memahami semua materi yang ada, karena guru hanya menggunakan buku, serta pembelajaran berpusat pada guru bukan pada siswa. Dalam penelitian ini peneliti bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan penggunaan media konkret pacas berbantuan metode demonstrasi dengan yang tidak menggunakan media berbantuan metode IV SDN Sedaeng 1 Tosari. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif, dengan desain quasiexperiment dan bentuk desain nonequivalent control group. Subyek penelitian ini
adalah siswa kelas IV A dan kelas IV B SDN Sedaeng 1. Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Data yang di peroleh akan diuji dengan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas data menggunakan Kolmogorov
Smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji Levene’s statistic. Setelah melakukan uji prasyarat, untuk mengetahui hasil dari penelitian ini maka dilakukan pengujian hipotesis, dalam penelitian ini menggunakan uji-t jenis independent sample t-test .
Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa kelas IV yang menggunakan media konkret pacas berbantuan metode demonstrasi dengan yang tidak menggunakan media berbantuan metode di SDN Sedaeng 1 Tosari, yang diperoleh dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan independent sample ttest dengan jumlah nilai thitung 3,053 > nilai ttabel 2,024 thitung, yang berarti bahwa Ha diterima. Selain itu rata-rata hasil belajar post-test menunjukkan nilai kelas eksperimen 75,000 > kelas kontrol 63,000, dari hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai dari kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.
2130132/SB/2019 | KKI 372 ITA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain