Electronic Resource
Pengaruh Pembelajaran Inquiry-Discovery Terhadap Kemamapuan Belajar Berfikir Tingkat Tinggi Dan Literasi Sains Ditinjau Dari Kemamapuan Awal Siswa SMP Pada Materi Tekanan Zat Dan Penerapan Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Apakah kemampuan berpikir tingkat tinggi dan literasi sains siswa yang diajar dengan pembelajaran inquiry-discovery lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. 2) Interaksi antara pembelajaran inquiry-discovery terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan literasi sains ditinjau dari kemampuan awal. 3) Apakah kemampuan berpikir tingkat tinggi dan literasi sains siswa yang diajar dengan pembelajaran inquiry-discovery lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. 4) Apakah kemampuan berpikir tingkat tinggi dan literasi sains dengan kemampuan awal tinggi yang diajar dengan pembelajaran inquiry-discovery lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Desain penelitian menggunakan Quasi experimental design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Malang tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel penelitian berjumlah 68 siswa yaitu 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi dan literasi sains. Data dianalisis secara deskriptif dan menggunakan anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) kemampuan berpikir tingkat tinggi dan literasi sains siswa yang diajar dengan pembelajaran inquiry-discovery lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional (Sig0,05). 3) Kemampuan berpikir tingkat tinggi dan literasi sains siswa dengan kemampuan awal tinggi yang diajar dengan pembelajaran inquiry-discovery lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional (Sig
2130131/SB/2019 | KKI 530 JAY p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain