Electronic Resource
Pengembangan Modul Tematik Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Materi Bangun Datar
Dalam prakteknya sering dijumpai bahwa guru dalam mengajar hanya menggunakan satu pendekatan saja, serta buku yang berada di lapangan belum dikembangkan dengan mengaitkan ke dalam kehidupan sehari – hari. Hasil penelitian ini diharapkan mampu mendeskripsikan proses pengembangan modul pembelajaran matematika melalui pendekatan contextual teaching and learning (CTL) materi bangun datar serta menghasilkan produk modul pembelajaran matematika melalui contextual teaching and learning (CTL) materi bangun datar. Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian pengembangan. Model penelitian ADDIE, yang mempunyai tahapan yaitu : (1) Analysis, (2) Aesain, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar dan angket respon siswa, yang di uji coba kan kepada 20 siswa SDN 02 Ardirejo Kepanjen. Hasil penelitian menunjukan: (1) valid, dengan koefisien validitas modul mencapai 94,13% dan koefisien validitas materi dalam modul mencapai 81,86 %; (2) praktis, terbukti dari presentase aktivitas guru mencapai 93,6 %; (3) efektif, yang diperoleh dari hasil analisis, presentase aktivitas siswa dalam pembelajaran yang memiliki kategori baik yang mendapatkan 97,16%, Presentase respon positif siswa terhadap modul pembelajran dan proses pembelajaran yang >80 % yaitu 99,28%. (3) rata – rata nilai yang diperoleh siswa kelas IV SDN 2 Ardirejo. Modul layak digunakan untuk mencapai tujuan pada materi bangun datar pada siswa kelas IV SD.Peneliti ini dapat dijadikan rujukan oleh peneliti selanjutnya sejenis.
2130125/SB/2019 | KKI 372 MAU p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain