Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Terbimbing  Berbantuan Media Blank Map Puzzle Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV SDN Sukun 1 Malang

Electronic Resource

Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Terbimbing Berbantuan Media Blank Map Puzzle Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV SDN Sukun 1 Malang

Renold Franare Dakataru - Nama Orang; Drs. Didik Iswahyudi, M.Pd. - Nama Orang; Prihatin Sulistyowati, S.S., M.Pd. - Nama Orang;

Pembelajaran yang dilakukan didalam kelas cenderung menggunakan metode ceramah serta kurangnya pemanfaatan pembelajaran. Mengakibatkan kurangnya suasana pembelajaran yang efektif dan sering kali pembelajaran berlangsung satu arah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode diskusi terbimbing berbatuan media blank map puzzle terhadap hasil belajar siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimental Design, menggunakan rancangan penelitian non-equivalent control group design. Instrument yang digunakan adalah RPP, LKS dan soal tesberupa pretest dan posttest. Hasil penelitian yang diperoleh dari data di lapangan menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan penggunaan metode diskusi terbimbing berbantuan media blank map puzzle terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t dengan perolehan sig 0,008< 0,05sehingga Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode diskusi terbimbing berbatuan media blank map puzzle dan hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan metode diskusi terbimbing berbantuan media blank map puzzle. Dengan adanya penelitian ini diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat bagi pihak-pihak terkait sebagai pengetahuan dalam belajar mengajar.


Ketersediaan
2130121/SB/2019KKI 372 DAK p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 DAK p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
xiii, 123hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
hasil belajar.
Skripsi
Metode Diskusi Terbimbing
BlankMap Puzzle
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik