Electronic Resource
Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Terbimbing Berbantuan Media Blank Map Puzzle Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV SDN Sukun 1 Malang
Pembelajaran yang dilakukan didalam kelas cenderung menggunakan metode ceramah serta kurangnya pemanfaatan pembelajaran. Mengakibatkan kurangnya suasana pembelajaran yang efektif dan sering kali pembelajaran berlangsung satu arah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode diskusi terbimbing berbatuan media blank map puzzle terhadap hasil belajar siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimental Design, menggunakan rancangan penelitian non-equivalent control group design. Instrument yang digunakan adalah RPP, LKS dan soal tesberupa pretest dan posttest. Hasil penelitian yang diperoleh dari data di lapangan menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan penggunaan metode diskusi terbimbing berbantuan media blank map puzzle terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t dengan perolehan sig 0,008< 0,05sehingga Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode diskusi terbimbing berbatuan media blank map puzzle dan hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan metode diskusi terbimbing berbantuan media blank map puzzle. Dengan adanya penelitian ini diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat bagi pihak-pihak terkait sebagai pengetahuan dalam belajar mengajar.
2130121/SB/2019 | KKI 372 DAK p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain