Electronic Resource
Efektivitas Penggunaan Strategi Everyone A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Dan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas IV SDN Bandungrejosari 3 Kota Malang
Pembelajaran menggunakan strategi everyone is a teacher here akan menjadi lebih aktif, partisipatif dan bermakna sehingga terlibtanya fisik, mental, intelektual maupun emosional dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan tentang efektifitas penggunaan strategi everyone is a teacher here terhadap hasil belajar dan rasa percaya diri siswa kelas IV SDN Bandungrejosari 3 Kota Malang. Kajian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar beberapa siswa yang hanya memenuhi standar ketuntasan minimal selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui efektifitas penggunaan strategi everyone is a teacher here terhadap hasil belajar dan rasa percaya diri siswa kelas IV SDN Bandungrejosari 3 Kota Malang.
Jenis penelitian adalah Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Desain terdapat dua kelompok yaitu kelas eksperimen mendapat perlakuan dengan menggunakan strategi everyone is a teacher here dan kelas kontrol tanpa menggunakan strategi everyone is a teacher here. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 74 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5% (0,05) sebelumnya dilakukan uji normalitas dan homogenitas terlebih dahulu.
Uji prasyarat analisis skor pretest dan posttest kedua kelompok menghasilkan distribusi normal dan homogen. Berdasarkan uji-t data pretest hasil belajar diperoleh nilai thitung pre-test -1.9651, dan data posttest hasil belajar diperoleh nilai thitung post-test -2,580. Selain analisi skor hasil belajar di dapat pula skor untuk analisis rasa percaya diri siswa dari kedua kelompok. Berdasarkan uji-t data pretest rasa percaya diri diperoleh nilai thitung pre-test -10,182, dan data posttest rasa percaya diri diperoleh nilai thitung post-test -19,891. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa penggunaan strategi everyone is a teacher here efektif terhadap hasil dan rasa percaya diri siswa kelas iv SDN Bandungrejosari 3 Kota Malang. Strategi pembelajaran yang menciptakan suasana menyenangkan dan menantang akan dapat meningkatkan rasa percaya diri dan secara langsung dapat meningkatkan hasil belajar.
2130119/SB/2019 | KKI 372 SET e/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain