Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Inquiry Training Model Berbasis Demontrasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas VII B SMPK Frateran Celaket 21 Malang

Electronic Resource

Penerapan Inquiry Training Model Berbasis Demontrasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas VII B SMPK Frateran Celaket 21 Malang

Dewi Armiyati Adoe - Nama Orang; Akhmad Jufriadi, S.Si., M.Si - Nama Orang; Dr. Wartono, M.Pd. - Nama Orang;

Hasil observasi pada SMPK Frateran Celaket 21 Malang menunjukkan nilai rerata prasiklus kelas VII B dari 30 orang siswa hanya 65 dengan persentase ketuntasan 36,67% atau sebanyak 11 orang siswa. Sedangkan 63,33% atau sebanyak 19 orang siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan sekolah nilai
KKM adalah 70. Rendahnya prestasi belajar siswa dilatarbelakangi oleh penerapan model pembelajaran yang kurang efektif dimana guru lebih banyak
berceramah dan tidak apersepsi atau motivasi pada pembelajaran awal yang agar dapat memotivasi siswa agar tertarik dan suka pada pelajaran IPA. Salah satu cara yang efektif untuk mengatasi masalah diatas yaitu dengan menerapkan model pembelajaran yang sesuai, dalam hal ini peneliti menerapkan model pembelajaran Inquiry Training Model berbasis demonstrasi. Inquiry Training Model merupakan model pembelajaran yang melatih
siswa untuk belajar berangkat dari fakta menuju ke teori. Model pe belajaran ini memiliki langkah-langkah sebagai berikut: (1) konfrontasi dengan masalah, dalam hal ini guru menjelaskan prosedur inkuiri dan menyajikan kejadian ganjil pada siswa; (2) pengumpulan dan verifikasi data, yaitu menguji hakekat objek dan kondisi, memverifikasi kejadian dari situasi masalah; (3) pengumpulan dataeksperimentasi, yaitu siswa melakukan eksperimen, mengisolasi
variabel-variabel yang relevan, menguji hipotesis dengan hubungan kualitas; (4) mengorganisasi dan merumuskan penjelasan, setelah melakukan eksperimen dan diperoleh data, guru mengajak siswa merumuskan aturan atau penjelasan dan (5) menganalisis proses inkuiri, yaitu guru meminta siswa untuk menganalisis pola- pola penemuannya. (Yuliati, 2008) Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan model pembelajaran Inquiry Training Model berbasis demonstrasi I sebesar 89,38% meningkat menjadi pada siklus II sebesar 97.95% pada siklus. Motivasi belajar siswa pada siklus I rata-rata motivasi belajar siswa 71,55% dan meningkat pada siklus II menjadi 89,44%. Sedangkan hasil tes pemahaman konsep diperoleh ratarata pada siklus I sebesar 70,2 dengan persentase 56,67% dari siswa yang mengikuti tes telah mencapai KKM. Pada siklus II diperoleh rata-rata nilai sebesar 77,77 dengan persentase 86,67%


Ketersediaan
2130094/SB/2019KKI 530 ADO p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 ADO p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
xiv, 179hlm, 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Motivasi Belajar
Pemahaman Konsep Fisika
Skripsi
Inquiry Training Model
Demonstrasi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik